Indeks Shanghai terjun ke bawah 2.000



SHANGHAI. Bursa saham China terempas dan menyeret indeks komposit Shanghai ke bawah 2.000 untuk pertama kalinya dalam delapan pekan.

Indeks Shanghai sempat terpukul ke 1.995,72, yang terendah sepanjang tahun ini. Namun kemudian membaik ke 2.004,97. Angka ini pun masih terhitung turun 0,5% dari penutupan kemarin.

China Vanke Co menggiring saham properti terjun paling dalam di antara sektor-sektor di bursa Shanghai. Pelaku pasar khawatir pemerintah China akan takkan melonggarkan pembatasan properti setelah harga rumah baru di Oktober menanjak di lebih banyak kota lagi.


Indeks Shanghai telah tergerus 8,9% tahun ini. Muncul kecemasan bahwa pimpinan baru China akan memperlambat usaha untuk mengurangi cengkraman pemerintah atas ekonomi China.

“Indeks menembus 2.000 karena tak ada langkok kebijakan konkret untuk ekonomi dan likuiditas makin ketat mendekati akhir tahun,” ujar Wei Wei, analis West China Securiteis Co di Shanghai. “Jika Anda bisa, keluarlah dari pasar dan jangan masuk hingga akhir tahun. Masih ada risiko dan saham akan terus menurun ke bawah 2.000,” sarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: