Indeks Topix turun 0,2% dipicu krisis Yunani



TOKYO. Bursa saham Jepang berfluktuasi dipicu kekhawatiran Yunani akan keluar dari zona euro. Indeks Topix turun 0,2% ke level 1.622,02 pada istirahat perdagangan di Tokyo, setelah naik sebanyak 0,4%.

Penurunan Indeks Topix sebesar 2,5% pada Senin kemarin menjadi yang terbesar sejak bulan Januar. Adapun Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,1% ke level 20.133. 

Saham perbankan jatuh untuk hari kedua, dengan Mitsubishi UFJ Financial Inc. kehilangan 2,2%, menjadi hambatan terbesar pada indeks Topix. Perusahaan-perusahaan yang bergantung dengan penjualan di Eropa anjlok, dengan saham Nintendo Co. dan Nikon Corp. melemah setidaknya 1,3%. Sementara saham Aeon Co. melonjak 6,2% terkait laporan laba kuartalan operator supermarket tersebut akan meningkat sebesar 50%.


Sementara, indeks MSCI All Country World saham berkembang dan emerging-market global anjlok 2,2% pada hari Senin, penurunan terburuk sejak Juni 2013, setelah Yunani menyerukan referendum pada 5 Juli 2015 mendatang terhadap proposal bailout, memicu buntunya negosiasi dengan kreditur dan shutdown sistem keuangan nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto