Indika Energy (INDY) Jual Anak Usaha ke Perusahaan Prajogo Pangestu Rp 26,7 Miliar



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indika Energy Tbk (INDY) melepas salah satu entitas anak perusahaannya kepada perusahaan milik taipan Prajogo Pangestu. Transaksi ini dilakukan oleh INDY melalui PT Indika Multi Properti (IMP).

Sekretaris Perusahaan Indika Energy Adi Pramono mengungkapkan pada 26 September 2024 telah ditandatangani perjanjian pengikatan jual beli saham bersyarat dengan PT Barito Pacific Lumber (BPL) dan/atau afiliasinya. Transaksi ini mengenai pengalihan seluruh saham milik IMP di PT Trisetia Citagraha (TCG) sebanyak 6.332 lembar saham.

Jumlah tersebut mewakili 80% kepemilikan tidak langsung INDY di TCG. Nilai yang disepakati untuk transaksi ini sebesar Rp 26,77 miliar, yang akan diselesaikan melalui dua tahap.


Baca Juga: Emiten Tambang dan Energi Gelontorkan Capex Jumbo untuk Biayai Ekspansi

Tahap I senilai Rp 22,29 miliar untuk nilai pengalihan hak atas uang muka penyetoran modal dan pengalihan 80% saham IMP kepada BPL. Sedangkan tahap II sebesar Rp 4,47 miliar untuk pengalihan 20% saham IMP kepada pembeli.

Adi mengatakan, tahap I telah selesai dilaksanakan pada 26 September 2024. "Setelah penyelesaian atas transaksi, TCG tidak lagi menjadi anak perusahaan Perseroan dan tidak dikonsolidasi dalam laporan keuangan Perseroan," ungkap Adi dalam keterbukaan informasi, Senin (30/9).

Adi menegaskan, transaksi ini tidak akan berdampak terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha INDY. 

"Perseroan berkeyakinan transaksi dilakukan sesuai dengan strategi bisnis diversifikasi Perseroan serta untuk memastikan agar Perseroan fokus pada pelaksanaan kegiatan usaha yang berkelanjutan," tandas Adi.

Sebagai informasi, BPL merupakan salah satu perusahaan yang dimiliki oleh konglomerat Prajogo Pangestu. Merujuk laporan keuangan PT Barito Pacific Tbk (BRPT), BPL merupakan salah satu pemegang saham dengan kepemilikan 478,56 juta atau 0,51% saham BRPT. 

Selanjutnya: Petrokimia Gresik Berhasil Lakukan Esifensi Lewat Program Industri Hijau

Menarik Dibaca: MIND ID Komitmen Hilirisasi yang Berkelanjutan, Simak Caranya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi