Indika (INDY) Kembali Jual Entitas Anak Usaha, Kini Lepas Mitra Energi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indika Energy Tbk (INDY) kembali melepas entitas anak perusahaannya. Terbaru, aksi divestasi dilakukan INDY melalui PT Indika Indonesia Resources (IIR).

Sekretaris Perusahaan Indika Energy, Adi Pramono mengungkapkan pada 3 Oktober 2024 telah dilakukan penandatanganan akta jual beli saham dengan PT Niaga Gilang Persada (NGP) selaku pembeli. Transaksi jual beli ini mengenai pengalihan seluruh saham milik IIR di PT Mitra Energi Agung (MEA).

Selaku penjual, IIR mentransaksikan sebanyak 3.060 saham atau mewakili 60% kepemilikan di MEA kepada pembeli. Nilai yang disepakati untuk transaksi ini sebesar Rp 15 miliar.


Baca Juga: Indika Energy (INDY) Lepas Anak Usaha Ke Grup Barito

"Setelah penyelesaian atas transaksi, MEA tidak lagi menjadi anak perusahaan Indika Energy dan tidak dikonsolidasikan dalam laporan keuangan perseroan," ungkap Adi dalam keterbukaan informasi, Senin (7/10).

Meski begitu, Adi menegaskan transaksi ini tidak akan berdampak terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha INDY. "Perseroan berkeyakinan transaksi dilakukan sesuai dengan strategi bisnis diversifikasi Perseroan serta untuk memastikan agar Perseroan fokus pada pelaksanaan kegiatan usaha yang berkelanjutan," tandas Adi.

Dari sisi pergerakan saham, INDY mengalami pelemahan harga di sesi awal perdagangan Selasa (8/10). Hingga pukul 10:20 WIB, harga INDY melemah 1,14% ke level Rp 1.730 per saham. Secara year to date, INDY mengakumulasi kenaikan harga 20,56%.

Selanjutnya: Ekspor Timah Turun Hingga 20.000 Ton di 2024, Biang Keladinya Kasus Mega Korupsi TINS

Menarik Dibaca: Promo Marugame Udon 7-27 Oktober 2024, Paket Bestie 2 Porsi Udon Rp 99.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati