Indikator ekonomi AS meningkat



WASHINGTON. Indeks indikator utama ekonomi Amerika Serikat (AS) meningkat dalam empat bulan berturut-turut hingga Desember 2014. Indeks Conference Board adalah ukuran outlook untuk tiga hingga enam bulan ke depan.

Indeks ini naik 0,5% pada bulan Desember setelah naik 0,4% pada bulan sebelumnya. Perbaikan pasar tenaga kerja dan penurunan harga gas menopang belanja konsumen. Pasar domestik menjadi bantalan AS terhadap pelemahan ekonomi global. Konsumsi domestik menyumbang 70% ekonomi.

Tim Quinlan, ekonom Wells Fargo Securities LLC mengatakan, indeks ini kurang lebih konsisten dengan ekspektasi ekspansi pada tahun 2015. "Kalau ada yang berubah dari tahun lalu, perubahan ini adalah outlook belanja konsumen yang makin cerah," kata Quinlan kepada Bloomberg.

Ekspektasi warga AS atas perbaikan ekonomi mencapai level tertinggi dalam empat tahun terakhir pada laporan bulan ini. Bloomberg consumer comfort index naik 2 poin menjadi 53. Ini adalah level tertinggi sejak Januari 2011.

Data lain yang membaik adalah tingkat pengangguran. Data Departemen Tenaga Kerja menunjukkan tingkat pengangguran AS turun ke level 5,6%.

Editor: Hendra Gunawan