Indodana Finance : Bijak Pakai PayLater yang Aman dan Fleksibel



KONTAN.CO.ID -  PT. Indodana Multi Finance (Indodana Finance), sebagai bagian dari Cermati Fintech Group, dengan bangga berpartisipasi dalam acara Power Lunch yang diselenggarakan oleh GDP Venture. Acara bertajuk "Dunia Baru Fintech: Praktis atau Berbahaya?" ini menghadirkan para pakar industri untuk membahas perkembangan financial technology serta perannya dalam menciptakan ekosistem keuangan yang lebih aman, inklusif, dan bertanggung jawab di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Indodana Finance menekankan pentingnya literasi dan inklusi keuangan yang menjadi fondasi bagi penggunaan layanan BNPL (Buy Now Pay Later) secara bertanggung jawab. Iwan Dewanto, Direktur PT Indodana Multi Finance, menjelaskan bahwa meskipun pertumbuhan layanan BNPL sangat pesat, pemahaman dan inklusi keuangan yang baik tetap menjadi kunci utama dalam menjaga keberlanjutan pertumbuhan industri BNPL yang sehat.

"Kami percaya bahwa seiring dengan pesatnya pertumbuhan BNPL, edukasi tentang pengelolaan keuangan menjadi semakin penting. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan para pengguna, salah satunya melalui informasi simulasi pinjaman dan akses ke Ringkasan Informasi dan Layanan (RIPLAY)," ujar Iwan.


Simulasi ini memungkinkan pengguna untuk memproyeksikan jumlah cicilan dan bunga sebelum melakukan pembelian, sementara RIPLAY memberikan panduan yang jelas tentang syarat dan ketentuan pembiayaan, memastikan transparansi dan keterbukaan  dalam setiap transaksi.

Sejalan dengan komitmen Cermati Fintech Group dalam menciptakan teknologi finansial yang inklusif, Indodana Finance telah mengadopsi teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning di seluruh ekosistemnya. Teknologi ini tidak hanya membantu mengotomatisasi berbagai proses, tetapi juga memainkan peran penting dalam personalisasi layanan dan penilaian risiko kredit.

"Dengan AI, kami dapat memahami pola perilaku pengguna dan menyesuaikan layanan sesuai kebutuhan mereka, sementara Machine Learning meningkatkan akurasi dalam proses credit scoring. Hal ini penting untuk memastikan bahwa layanan BNPL hanya diberikan kepada pengguna yang memenuhi syarat finansial dan mempunyai kemampuan dalam melakukan pembayaran angsurannya sampai dengan jangka waktu pelunasannya," tambah Iwan.

Teknologi ini memungkinkan Indodana Finance untuk menjangkau segmen underbanked, yang mencakup 67% populasi Indonesia, memberikan akses pembiayaan yang lebih mudah dan luas bahkan di luar pusat-pusat ekonomi utama untuk turut meningkatkan penetrasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Indodana Finance juga menekankan pentingnya tanggung jawab finansial dalam penggunaan BNPL. Layanan ini memberikan fleksibilitas bagi masyarakat, namun harus digunakan dengan bijak. Iwan menegaskan bahwa BNPL bukan sekadar alat pembiayaan instan, melainkan sarana untuk membantu pengguna dalam melakukan pengelolaan keuangan dengan lebih baik.

"Kami selalu mendorong pengguna untuk memahami kemampuan finansial mereka sebelum memanfaatkan layanan ini. Mengatur anggaran pribadi dan mempertimbangkan cicilan sesuai kemampuan adalah hal yang penting untuk menjaga keberlanjutan finansial yang sehat," jelas Iwan.

Dalam menjaga kualitas kredit tetap sehat, Indodana Finance secara konsisten menerapkan proses credit scoring yang bersifat prudent dan selektif. Selain hal tersebut diatas secara industri, berdasarkan data dari OJK rasio Non Performing Finance (NPF) BNPL per Agustus 2024, tetap terkendali di angka 2,52% , jauh di bawah batas yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebesar 5%. 

Hal ini membuktikan bahwa meskipun ada tantangan, industri BNPL masih mampu mengelola mitigasi risiko keuangan dengan baik untuk tetap menjaga pertumbuhan yang sehat dan berkelanjutan.

Dalam konteks ini, penting untuk dipahami bahwa layanan BNPL dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk pengguna, terutama ketika digunakan dengan pengertian yang baik tentang manajemen keuangan yang sehat. Melalui pendekatan yang berbasis teknologi dan edukasi, Indodana Finance berkomitmen untuk tidak hanya memberikan kemudahan dalam bertransaksi, tetapi juga memastikan keberlanjutan dan inklusi dan literasi keuangan bagi setiap pengguna.

Tentang Indodana Multi Finance

PT Indodana Multi Finance telah mendapatkan izin usaha bidang perusahaan pembiayaan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor KEP-12/PL.02/2023 tanggal 29 Agustus 2023. Izin baru tersebut berlaku sejak adanya perubahan nama perusahaan dari PT Triprima Multifinance (yang bekerjasama PT Artha Dana Teknologi sebagai penyedia layanan keuangan PayLater dan Dana Tunai) menjadi PT Indodana Multi Finance.

Visi Indodana Multifinance  adalah membantu masyarakat Indonesia untuk meningkatkan taraf hidup dengan memberikan akses terhadap produk keuangan. Misi Indodana Multifinance adalah menggunakan teknologi untuk membantu Indonesia mencapai inklusi keuangan dengan memberikan akses produk keuangan kepada masyarakat yang selama ini belum terjangkau oleh industri perbankan tradisional.

Baca Juga: Indodana Finance Hadapi Tantangan di Lini Usaha Paylater Meski Tumbuh Signifikan

Selanjutnya: Tingkatkan Kehandalan Infrastruktur, PGN Lakukan Integrasi Teknologi

Menarik Dibaca: Prakiraan Cuaca Jakarta Besok (24/10): Cerah Berawan dan Berawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti