Indonesia AirAsia Buka Rute Baru Hong Kong-Denpasar



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia AirAsia meresmikan penerbangan perdana rute baru Hong Kong - Denpasar. Ini menandai langkah penting Indonesia AirAsia dalam memperluas jaringan internasionalnya.

Mengutip Infopublik.id, penerbangan dengan kode QZ 301 lepas landas dari Hong Kong International Airport pada pukul 06.55 waktu setempat dengan membawa 171 penumpang dan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pukul 11.50 WITA.

"Kami yakin, dengan penerbangan langsung ini, akan semakin menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Bali dan Hong Kong, dua destinasi unggulan dunia," ujar Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine pada Selasa (1/10/2024).


Dia menjelaskan, dengan rute baru ini, Indonesia AirAsia berharap dapat memperkuat kontribusinya dalam meningkatkan arus wisatawan internasional yang masuk ke Bali, serta memfasilitasi perjalanan masyarakat Indonesia ke luar negeri, khususnya ke Hong Kong, yang dikenal sebagai salah satu pusat keuangan dan destinasi wisata ternama di dunia.

Indonesia merupakan destinasi yang amat disukai oleh wisman asal Hong Kong dengan keindahan alam dan kemiripan budayanya.

Baca Juga: Bos Air Asia Ungkap Alasan Harga Tiket Pesawat di Indonesia Mahal

Indonesia AirAsia akan melayani rute ini dengan frekuensi terbang setiap hari untuk memberikan fleksibilitas bagi para penumpang yang ingin menjelajahi kedua kota dinamis ini, baik untuk keperluan bisnis maupun rekreasi. 

Sebagai salah satu maskapai dengan harga terjangkau dan layanan terbaik, Indonesia AirAsia terus mendukung pertumbuhan pariwisata dan memperkuat konektivitas antar negara di Asia.

Berdasarkan data dari Hong Kong Tourism Board (HKTB), jumlah wisatawan dari Indonesia yang berkunjung ke Hong Kong dari Januari hingga Juli 2024 mengalami lonjakan signifikan sebesar 76,2 persen, mencapai 208.000 kunjungan, dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2023 sebanyak 118.000 kunjungan.

Baca Juga: 2 Usulan CEO AirAsia Agar Harga Tiket Penerbangan Domestik Bisa Turun

Sementara itu, data dari Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS) menunjukkan bahwa sepanjang Januari hingga Juni 2024, wisatawan mancanegara dari Hong Kong ke Indonesia telah mencapai 13,673 kunjungan, hampir 98,5 persen dari total kunjungan pada 2023 yang berjumlah 13,885.

Dengan peluncuran penerbangan langsung dari Jakarta dan Bali ke Hong Kong oleh Indonesia AirAsia, diharapkan angka kunjungan dari kedua negara ini akan terus meningkat hingga akhir 2024.

Selanjutnya: Pemda Nakal yang Mengakali Data Inflasi Bakal Disanksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie