Indonesia AirAsia Buka Rute Langsung Jakarta ke Hong Kong



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Maskapai Indonesia Air Asia kini resmi melayani penerbangan langsung dari Jakarta ke Hong Kong. Rute baru ini merupakan kelanjutan dari kesuksesan peresmian rute Bali - Hong Kong yang berlangsung pada 1 Oktober lalu.

“Pembukaan rute Jakarta - Hong Kong merupakan langkah nyata Indonesia AirAsia dalam memperluas destinasi internasionalnya, terutama di Asia, dan memperkuat posisinya sebagai maskapai dengan jaringan penerbangan yang luas,” tutur Veranita Yosephine, Direktur Utama Indonesia AirAsia dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/10).

Menurutnya konektivitas merupakan kunci untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman ke Indonesia, terlebih penerbangan langsung dari Hong Kong ke Indonesia memang sangat dinantikan. Ia optimis dapat berperan penting dalam memfasilitasi mobilitas serta pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi di tanah air, terutama dalam mendatangkan wisatawan mancanegara dari Hong Kong untuk mengeksplorasi keindahan Indonesia.


“Penerbangan AirAsia diharapkan dapat menarik lebih banyak turis Hong Kong dan internasional ke Indonesia, sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan devisa dari sektor pariwisata dan menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan,” ujar Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga: Ini Dua Maskapai Internasional yang Buka Rute Penerbangan Baru ke Indonesia

Apalagi Hongkong sendiri saat ini sudah menjadi hub internasional. Rute penerbangan langsung ini diharapkan akan mendorong lebih banyak wisatawan Hong Kong untuk berkunjung ke Indonesia, terutama setelah diberlakukannya kembali kebijakan bebas visa bagi pemegang paspor Hong Kong mulai 29 Agustus 2024 dan seterusnya.

Penerbangan perdana Indonesia AirAsia dengan nomor penerbangan QZ 400 dengan tingkat keterisian 100% dari Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK), mendarat dengan sempurna di Hong Kong International Airport (HKIA) pada pukul 12.35 waktu setempat.

Chapman Fong, Deputy Director Airport Operations of Airport Authority Hong Kong mengungkapkan sejak awal tahun ini pihaknya telah meluncurkan program insentif yang mendorong maskapai untuk meningkatkan frekuensi penerbangan yang menghubungkan Hong Kong.

“Penambahan rute baru oleh Indonesia AirAsia sejalan dengan visi kami untuk memperluas jaringan dan memperkuat peran kami sebagai bandara terkemuka," timpalnya.

Berdasarkan data dari Hong Kong Tourism Board (HKTB), jumlah wisatawan dari Indonesia yang berkunjung ke Hong Kong dari bulan Januari hingga Juli 2024 mengalami lonjakan signifikan sebesar 76,2%, mencapai 208,000 kunjungan, dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2023 sebanyak 118.000 kunjungan. 

Sementara itu, data dari Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS) menunjukkan bahwa sepanjang Januari hingga Juli 2024, wisatawan mancanegara dari Hong Kong ke Indonesia telah mencapai 17,225 kunjungan, melebihi total kunjungan tahun 2023 yang berjumlah 13,885.

Baca Juga: Gandeng SEGA dan Atlus, Air Asia Hadirkan Penerbangan Berkonsep Sonic the Hadgehog

Hong Kong adalah kota metropolitan yang semarak, dikenal karena perpaduan alam hijau dan kehidupan kotanya yang dinamis. Terletak di pantai selatan Cina, Hong Kong menawarkan berbagai daya tarik, seperti pelabuhan Victoria yang ikonik, kawasan perbelanjaan mewah di Causeway Bay dan Tsim Sha Tsui, serta kuliner yang lezat. Selain pemandangan cakrawala yang memukau dan kehidupan malam di Lan Kwai Fong, kota ini juga memiliki 'hidden gems' seperti distrik Sham Shui Po yang kaya budaya, pantai berpasir, dan workshop Neon Sign.

Sementara wisatawan dari Hong Kong juga dapat mengeksplorasi Jakarta, ibu kota Indonesia yang kaya akan pengalaman budaya. Di Jakarta, wisatawan dapat mengunjungi landmark ikonik seperti Monumen Nasional (Monas) dan menikmati kehidupan malam yang beragam. Selain itu, kota ini juga menawarkan berbagai pilihan kuliner dan pusat perbelanjaan yang menarik. Jakarta menjadi titik awal yang sempurna untuk menjelajahi destinasi lain di Indonesia, seperti Lampung, Labuan Bajo, dan Danau Toba.

Berikut jadwal penerbangan Indonesia AirAsia dari Jakarta (CGK) ke Hong Kong (HKG)

Tujuan

Nomor Penerbangan

Jadwal

Penerbangan Pertama

Frekuensi Terbang

Berangkat

Sampai

CGK - HKG

QZ 400

06:50

12:35

8 Oktober 2024

Setiap Hari (1x/Hari)

HKG - CGK

QZ 401

13:20

17:20

Selanjutnya: Pendapatan Premi Asuransi Marine Cargo Great Eastern Naik 36% per Kuartal III-2024

Menarik Dibaca: Promo 10.10 CFC Oktober Deals 2024, Paket Ayam dan Nasi Rp 14.545

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih