Indonesia AirAsia kembali buka rute penerbangan Jakarta-Kinabalu



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia AirAsia resmi membuka kembali rute penerbangan dari Jakarta ke Kota Kinabalu. Ini merupakan rute internasional pertama Indonesia AirAsia di tahun 2024, sekaligus menjadi satu-satunya penerbangan langsung yang menghubungkan Jakarta ke Kota Kinabalu. 

Capt. Wuri Septiawan, Direktur Operasi Indonesia AirAsia menuturkan, Indonesia AirAsia kembali memperluas konektivitas penerbangannya untuk rute internasional. Pembukaan rute ini juga dilakukan sebagai salah satu bentuk dukungan kepada pemerintah dalam mempererat hubungan Indonesia dan Malaysia. 

“Selain itu AirAsia juga berupaya untuk meningkatkan sektor pariwisata dan perekonomian kedua negara. Kota Kinabalu merupakan destinasi yang menakjubkan dengan potensi pariwisata yang besar, dan kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman perjalanan yang luar biasa kepada penumpangnya,” ungkap Wuri, dalam siaran pers, Selasa (6/2). 


Rute ke Kota Kinabalu ini menjadi rute kelima yang dioperasikan Indonesia AirAsia untuk terbang ke Malaysia secara langsung dari Jakarta. Setelah sebelumnya dibuka rute Jakarta- Kuala Lumpur, Jakarta-Johor Bahru, Jakarta-Penang, dan Jakarta-Kuching.

Baca Juga: Indonesia AirAsia Tebar Promo 24% Seluruh Rute Internasional, Ini Caranya Meraihnya

Hal ini diharapkan dapat mempermudah akses bagi wisatawan asal Indonesia maupun Malaysia untuk saling berkunjung dan menikmati destinasi wisata unggulan di masing-masing negara, dan dengan harga yang terjangkau. 

Kota Kinabalu yang juga dikenal sebagai ‘KK’ memiliki keindahan alam yang memesona dan kaya akan budaya, mulai dari museum, pantai hingga gunung tertinggi di Malaysia. Wisatawan dapat mencoba untuk menaklukan tingginya gunung Kinabalu dan menikmati matahari terbit dari ketinggian 4,095 meter. 

Wisatawan juga dapat mengunjungi destinasi wisata favorit lain di Sabah seperti Tanjung Aru Beach, Sabah State Museum, Mari Mari Cultural Village, Atkinson Clock Tower, Gaya Street Sunday Market, KK Waterfront serta Tanjung Aru Perdana Park.

Tercatat dari data Badan Pusat Statistik Indonesia, selama tahun 2023 wisatawan asal Malaysia menduduki posisi pertama sebagai wisatawan mancanegara terbanyak yang mengunjungi Indonesia dengan total 16,28% atau sebanyak 1,901,242 wisatawan. 

Begitu pun dengan Indonesia, berdasarkan data dari Departemen Imigrasi Sabah pada periode Januari - November 2023, wisatawan mancanegara asal Indonesia juga menduduki peringkat ketiga atau sebanyak 78,693 wisatawan yang mengunjungi Sabah.

“Pembukaan rute langsung Indonesia AirAsia dari Jakarta menuju Kota Kinabalu ini diharapkan dapat turut memberikan kontribusi untuk pemerintah dalam menaikkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia,” jelasnya. 

Baca Juga: Indonesia AirAsia Terbangkan 391 Ribu Penumpang Selama Periode Nataru

Seiring dengan ditetapkannya target baru oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mencapai 14,3 juta wisatawan mancanegara di tahun 2024 atau naik sekitar 68% dari target tahun 2023 lalu yaitu sebanyak. 8,5 juta wisatawan mancanegara.

Tidak hanya dari segi sektor pariwisata saja yang diantisipasi dapat meningkat, melainkan juga dari segi ekspor dan impor. Menurut Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Malaysia merupakan negara tujuan ekspor ke-5 dan asal impor ke-4 bagi Indonesia. Dengan demikian, pembukaan penerbangan ini diharapkan dapat membuka peluang untuk meningkatkan aktivitas ekspor dan impor melalui layanan kargo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari