Indonesia Infrastructure Finance (IIF) Terapkan Prinsip ESG dalam Proses Bisnisnya



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) konsisten menerapkan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam proses bisnisnya.

Hingga pertengahan tahun 2024, IIF telah mengintegrasikan prinsip ESG ke dalam 69 proyek infrastruktur di 14 provinsi, termasuk daerah terpencil di luar pulau Jawa. 

Proyek-proyek ini memiliki total nilai investasi Rp 7,6 triliun, terdiri dari 21 proyek energi bersih, 40 proyek berdampak sosial, dan 8 proyek Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL).


Baca Juga: Partisipan Tender Offer Surat Utang IIF Mencapai US$ 60,33 Juta

Sebagai investor, IIF juga aktif berinvestasi pada green/sustainability debt investment, menyediakan produk fund-based seperti pinjaman jangka panjang (Senior Loan, Subordinated Loan/Mezzanine, Convertibles, Equity Investment), non-fund-based seperti penjaminan (Guarantee, Standby Financing), serta layanan berbasis biaya lainnya yang berkaitan dengan proyek infrastruktur.

Head of Legal and Corporate Secretary IIF – Nastantio W. Hadi mengatakan, penerapan ESG dalam industri bisnis saat ini semakin krusial. "Penerapan prinsip ESG telah menjadi bagian integral dari strategi bisnis," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (26/9).

Atas upaya tersebut, IIF kembali menerima penghargaan Indonesia Green & Sustainable Companies Award 2024 kategori Best Innovation in ESG Implementation - Jasa & Keuangan dengan predikat sangat baik yang diinisiasi SWA Media Group pada tanggal 25 September 2024. 

Penghargaan ini merupakan pengakuan atas berbagai inisiatif inovatif yang telah dilakukan IIF dalam mengintegrasikan prinsip ESG ke dalam seluruh aspek bisnisnya. 

Baca Juga: Indonesia Infrastucture Finance (IIF) Akan Bayar Obligasi Jatuh Tempo Rp 163 Miliar

Nastantio mengatakan, penghargaan ini merupakan pengakuan atas berbagai inisiatif inovatif yang telah dilakukan IIF dalam mengintegrasikan prinsip ESG ke dalam seluruh aspek bisnisnya. 

"Penghargaan ini semakin memotivasi IFF untuk terus berinovasi dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli