Indonesia Kalah Lawan Korea Utara 1-0 Timnas U-23 Asian Games 2023 Angkat Koper?



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Timnas Sepak Bola Indonesia U-23 terancam angkat koper lebih awal setelah kala dari Korea Utara dengan skor 1-0.

Pada pertandingan di Grup F. yang digelar di Zhejiang Normal University East Stadium, China, Minggu (24/9), Korea Utara mencatatkan kemenangan untuk mengunci posisi sebagai juara grup.

Dengan kekalahan ini Indonesia hampir dipastikan tidak bisa lolos ke babak berikutnya melalui jalur grup ke babak 16 besar lantaran Kirgistan mampu menekuk Taiwan dengan skor telak 4-1.


Namun Indonesia bisa lolos apabila memiliki catatan sebagai tim terbaik dari empat peringkat tiga lainnya.

Indonesia berada di posisi ketiga grup dengan mengoleksi tiga poin. Indonesia selesai dengan selisih gol yakni 0.

Sementara itu, Kirgistan menang 4-1 atas China Taipei di laga Grup F lain di Jinhua Sports Centre, yang berlangsung bersamaan.

Kirgistan berada di tempat kedua karena jumlah gol yang dicetak di semua laga Grup F lebih baik dari Indonesia. Kirgistan pun lolos sebagai runner-up dan akan menghadapi Korea Selatan di babak 16 besar.

Sementara Indonesia diperkirakan bisa bertemu dengan Uzbekistan pada babak 16 besar yang digelar 28 September mendatang. 

Namun, Uzbekistan harus kembali menang melawan Hong Kong terlebih dahulu malam ini. Pada laga pertama Uzbekistan menang 1-0 atas Hong Kong.

Indonesia harus mengakui keunggulan Korea Utara dengan skore akhir 1-0. Gol kemenangan Korea Utara dicetak oleh Y Kim pada menit ke 40.

Indonesia tidak mampu bangkit untuk membalikkan keadaan dalam pertandingan ini.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Timnas U23 Indonesia Vs Taiwan 9-0 di Penyisihan Piala Asia 2024

Gol kemenangan Kirgistan untuk memastikan lolos babak 16 besar dicetak oleh A. Sharshenbekov pada menit injury time 91.

Padahal jika Kirgistan dan Taiwan bertanding dengan hasil 3-1, Indonesia masih bisa lolos ke 16 besar sebagai runner up karena unggul selisih kemasukan gol lebih sedikit.

Kirgistan sebagai runner up grup F, resmi mendampingi Korea Utara yang mampu memenangkan seluruh pertandingan dan mencetak poin penuh 9 angka. Sementara China Taipei alias Taiwan ada di dasar klasmen dengan catatan satu kemenangan atas Indonesia.

Sementara di Grup A ada posisi satu dan dua klasmen sementara  adalah China dengan 6 poin dan India dengan 3 poin dari dua pertandingan. di Grup ini ada Bangladesh dan Myanmar yang ikut berebut 

Baca Juga: Hasil Pertandingan Taiwan Vs Indonesia di Asian Games 2023, Indonesia Kalah 1-0

Di Grup B ada Iran sebagai pengisi puncak klasmen sementara dengan 4 poin disusul Saudi Arabia dengan poin yang sama

Sementara di grup C baru memainkan satu pertandingan dengan Uzbekistan sebagai pemuncak klasmen dengan 3 poin.

Grup D ada tiga tim bertanding dengan Jepang uang unggul sementara di puncak klasmen disusul Palestina

Grup E Korea Selatan dan Bahrain masih di posisi atas grup sebagai juara grup dan runner up, tapi  baru berjalan dua pertandingan. Sedangkan Thailand yang ada di grup ini belum mencatatkan kemenangan dari dua pertandingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar