Indonesia kuasai 70% pasar Daihatsu di luar Jepang



JAKARTA. Geliat ekonomi Indonesia sukses mendongkrak penjualan produk otomotif di Indonesia. Hal ini terbukti dari kinerja Astra Daihatsu Motor (ADM) yang mampu menyumbang 70% pasar mobil Daihatsu di luar negara asalnya di Jepang.President Daihatsu Motor Company, Koichi Ina bilang, Indonesia saat ini sudah menjadi basis produksi Daihatsu terbesar di luar Jepang. "Indonesia menjadi negara yang penting bagi Daihatsu," kata Koichi saat konferensi pers yang diselenggarakan di arena IIMS 2012, Kamis (20/9).Untuk memperkuat bisnis Daihatsu di Indonesia, perseroan memutuskan untuk menambah kapasitas pabriknya di Karawang, Jawa Barat. Pabrik baru itu akan menambah kapasitas produksi Daihatsu sebesar 100.000 unit per tahun menjadi 430.000 per tahun.

Pabrik baru itu nantinya tidak hanya melayani pasar domestik saja, tetapi juga pasar ekspor. "Saat ini kami sudah ekspor mobil ke 46 negara," terang Sudirman MR, Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor. Produk yang diekspor oleh Daihatsu itu diantaranya adalah Gran Max dengan catatanm ekspor tahun 2012 sebesar 14%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor: Asnil Amri