Indosat dan Smartfren adu bundling android



JAKARTA. Besarnya cerug pasar ponsel android membuat operator telekomunikasi terpikat membuat program pemasaran bersama. Operator telekomunikasi itu gencar membuat program pemasaran dengan sistem bundling layanan jasa telekomunikasi dengan produk android.

Tengok saja, PT Indosat Tbk meluncurkan produk bundling IM3 dengan android Nexian A850 hari ini (5/6). “Peluncuran ini kami siapkan 1.000 unit Nexian A850 pada acara Indonesia Celular Show(ICS) besok (6/6),” kata Erik Meijer Director and Chief Commercial Officer Indosat kepada KONTAN, Selasa (5/6).

Sumantri Joko Yuwono, Group Head Product Development & Management Indosat menuturkan, sampai 2012, Indosat menargetkan penjualan bundling IM3 dan Nexian A850 mencapai 300.000-an unit. "Bundling Nexian A850 juga untuk mendukung target total penjualan produk bundling Indosat sampai akhir tahun 2012 sebesar 3 juta unit," katanya.


Jika target tercapai, maka total penjualan produk bundling Indosat meningkat 100% dari penjualan bundling tahun 2011 sebesar 300.000 unit. Menurut Sumantri, jika digabung dengan layanan modem (dongle), maka target penjualan mencapai 4,2 juta unit sampai akhir tahun 2012.

Sumantri menjelaskan, potensi pertumbuhan penetrasi pengguna mobile phone khususnya produk-produk smart phone menjadi dasar Indosat berani menargetkan pertumbuhan yang cukup tinggi. Produk Android akan menjadi andalan penjualan bundling Indosat karena memiliki keunggulan jumlah aplikasi yang lebih banyak tersedia dan kecanggihan gadget tersebut.

Tak mau kalah dengan Indosat, pada hari yang sama PT Smartfren Telecom Tbk meluncurkan produk bundling Smartfren Andro Max. Djoko Tata Ibrahim Deputy Chief Executive Officer(CEO) Smartfren mengatakan, penjualan produk android untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan juga penetrasi layanan data Smartfren.

Menurut Djoko, Smartfren menargetkan penjualan produk Andro Max sampai tahun 2012 sebanyak 300.000 unit. “Penjualan Andro Max akan mendukung target total penjualan produk Smarfren sampai akhir tahun sebesar 4 juta unit naik 40% dari tahun 2011,” ungkapnya kepada.

Pada kesempatan yang sama Smartfren juga meluncurkan produk bundling lainnya, seperti Smartfren Andro Tab di segmen tablet dan Smartfren Jambu di segmen future phone. Smartfren menargetkan penjualan sampai akhir tahun 2012 untuk produk Smartfren Andro Tab sebesar 150.000 unit dan produk Smartfren Jambu sebanyak 500.000 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri