JAKARTA. Usai PT Indosat Tbk melakukan
rebranding menjadi Indosat Ooredoo, mereka akan berinovasi lagi. Indosat Ooredoo mempertimbangkan pengurangan produk untuk menyederhanakan layanan bagi pelanggan. Sekarang mereka punya tiga produk yakni Mentari, IM3, dan Matrix.
“Kami sedang berpikir untuk mengurangi merek, bukannya memperbanyak,” kata dia. Direktur Utama Indosat Ooredoo Alexander Rusli menjelaskan, pengurangan merek membantu memperingan belanja modal dan biaya
marketing. “Dengan produk yang lebih simpel, capex (
capital expenditure/belanja modal) jadi lebih ringan,” papar pria yang disapa Alex itu usai acara Indosat Digital Nation di Kantor Indosat, Jakarta Pusat, Kamis (19/11). Lagipula, pelanggan menganggap jumlah brand yang banyak itu sebagai sesuatu yang kompleks.
“Masing-masing produk ada
brand offering. Ada
offering IM3, ada
offering Mentari. Ini yang membuat layanan menjadi lebih kompleks. Padahal dari hasil studi kami, pelanggan mulai kesal dengan
offering yang kompleks. Ini mengganggu pengalaman pelanggan (customer experience),” papar dia. Namun, untuk sementara ini Indosat Ooredoo masih belum bisa menyederhanakan merek yang sudah ada. “Saya ingin untuk menyatukan ketiganya. Tapi, berdasarkan hasil studi, saat ini kami masih belum bisa menyatukan karena tiap merek memiliki segmen pelanggan masing-masing yang loyal,” jelas dia. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Adi Wikanto