Indosat sokong Smart City di Surakarta



SURAKARTA. Indosat bersama anak perusahaan PT StarOne Mitra Telekomunikasi (SMT) mengembangkan pemasaran produk dan solusi end to end Machine to Machine (M2M) untuk aplikasi e-tax dalam perwujudan konsep Smart City khususnya di Kota Surakarta.

"Smart City merupakan tren global sebagai tuntutan masyarakat masa depan berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang kini juga mulai digelar di kota-kota di Tanah Air," kata Division Head M2M Solution Indosat Hendra Sumiarsa di Jakarta, Kamis (15/1).

Pihaknya menyatakan siap untuk mendukung terwujudnya Smart City di Surakarta dengan portfolio layanan M2M mulai dari koneksi sampai solusi end to end yang tepat guna meliputi perangkat dan berbagai aplikasi.


Beberapa solusi Machine to Machine (M2M) Indosat diantaranya Solusi E-government, E-Tax, E-Transportation, Smart Tourism, Workforce Management, dan Smart Street Lightning.

"Rencana pembangunan perkotaan yang disusun pemerintah dalam kerangka Sistem Perkotaan Nasional (SPN), salah satunya bertujuan meningkatkan peran dan fungsi sekaligus manajemen pembangunan berskala global yang sasarannya adalah meningkatkan pelayanan masyarakat, daya saing, dan kontribusi ekonomi," katanya.

Selanjutnya pembangunan perkotaan diarahkan menuju kota yang layak, hijau dan pintar.

Pemkot Surakarta menyambut baik usulan Indosat, dimana dalam tahap awal akan ditindaklanjuti dengan implementasi solusi E-Tax.

Tujuannya adalah agar pendapatan retribusi pajak daerah dari pelaku usaha yang wajib dapat lebih transparan dan tepat termonitor setiap waktu sehingga pada akhirnya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat oleh Pemkot Surakarta.

"Indosat menyambut peluang untuk segera mewujudkan rencana Pemkot Surakarta dimaksud untuk menggelar solusi E-Tax," kata Hendra.

Dengan didukung oleh M2M Platform tercanggih, operator itu menyediakan solusi lengkap terintegrasi yang akan membantu menata koneksi M2M dan layanannya, mengontrol ratusan atau ribuan perangkat di mana pun perangkat/mesin ditempatkan.

Pihaknya tidak hanya menyediakan solusi konektivitas ke perangkat/mesin tetapi lebih dari itu operator dapat mengontrol penuh seluruh aktivitas instalasi, operasi, pemeliharaan, terminasi dan pelaporan.

Implementasi E-Tax ini akan segera diwujudkan Indosat bersama dengan anak usaha Indosatnya yaitu PT Starone Media Telekomunikasi yang memiliki jaringan support di wilayah Jawa Tengah. (Hanni Sofia Soepardi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia