KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Industri kosmetik dan perawatan pribadi (beauty and personal care) di Indonesia masih menyimpan potensi besar untuk tumbuh. Tahun ini, pasar kosmetik Tanah Air diperkirakan bernilai Rp 158 triliun, naik dari Rp 146 triliun pada tahun sebelumnya. Hal itu disampaikan Ketua Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (Perkosmi) Sancoyo Antarikso. Ia juga bilang, sebagai pendorong utama pertumbuhan industri, sejumlah merek produk kecantikan Indonesia telah berhasil menembus pasar regional Asia Tenggara dan menjadi pemain penting di negara tetangga. “Kualitas produk, inovasi, dan kreativitas merek Indonesia sudah sangat baik, mampu bersaing dengan merek negara lain. Bahkan, ada konsumen mancanegara yang rela datang ke Jakarta untuk membeli produk kita,” ungkap Sancoyo kepada Kontan, Rabu (27/8/2025).
Industri Kosmetik Nasional Diramal Tumbuh Sampai Rp 158 Triliun
KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Industri kosmetik dan perawatan pribadi (beauty and personal care) di Indonesia masih menyimpan potensi besar untuk tumbuh. Tahun ini, pasar kosmetik Tanah Air diperkirakan bernilai Rp 158 triliun, naik dari Rp 146 triliun pada tahun sebelumnya. Hal itu disampaikan Ketua Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (Perkosmi) Sancoyo Antarikso. Ia juga bilang, sebagai pendorong utama pertumbuhan industri, sejumlah merek produk kecantikan Indonesia telah berhasil menembus pasar regional Asia Tenggara dan menjadi pemain penting di negara tetangga. “Kualitas produk, inovasi, dan kreativitas merek Indonesia sudah sangat baik, mampu bersaing dengan merek negara lain. Bahkan, ada konsumen mancanegara yang rela datang ke Jakarta untuk membeli produk kita,” ungkap Sancoyo kepada Kontan, Rabu (27/8/2025).