JAKARTA. Transaksi dari bisnis Meeting Incentive Conference and Exhibition (MICE) naik 30% dua tahun terakhir. Kenaikan kinerja bisnis MICE ini didongkrak oleh geliat ekonomi yang meningkatkan jumlah pertemuan bisnis oleh korporasi, yang dilakukan di Indonesia. Berdasarkan data American Express Bank Danamon, peningkatan transaksi MICE dengan memakai kartu American Express naik sejak tahun 2010 lalu. Jika tahun 2009 transaksi hanya Rp 200 miliar, maka tahun 2010 nilainya naik menjadi Rp 260 miliar. Begitu juga di tahun 2011, transaksi MICE yang tercatat oleh American Express Bank Danamon juga naik menjadi Rp 340 miliar. "Pasar MICE secara ekonomi semakin menguntungkan. Pelaksanaan MICE kini juga lebih terorganisir dengan dana yang besar," kata Berman Lubis, Direktur Konvensi, Insentif dan Pameran dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Jakarta, Senin (19/3). Bikin kerjasama Untuk meningkatkan transaksi sektor MICE ini, Kemenparekraf akan bekerja sama dengan American Express Bank Danamon. Kerja sama berupa penyelenggaraan kegiatan ICMITM (Indonesia Corporate Meeting & Incentive Travel Mart) tahun 2012. Acara yang berlangsung empat tahun sekali ini, akan dilaksanakan di Hotel Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Centre, Medan, pada 8-12 Mei 2012. Acara ini diharapkan mampu mendatangkan 100 buyer pembeli dengan 100 seller sektor MICE dari di seluruh Indonesia.
Industri MICE tumbuh kian mekar
JAKARTA. Transaksi dari bisnis Meeting Incentive Conference and Exhibition (MICE) naik 30% dua tahun terakhir. Kenaikan kinerja bisnis MICE ini didongkrak oleh geliat ekonomi yang meningkatkan jumlah pertemuan bisnis oleh korporasi, yang dilakukan di Indonesia. Berdasarkan data American Express Bank Danamon, peningkatan transaksi MICE dengan memakai kartu American Express naik sejak tahun 2010 lalu. Jika tahun 2009 transaksi hanya Rp 200 miliar, maka tahun 2010 nilainya naik menjadi Rp 260 miliar. Begitu juga di tahun 2011, transaksi MICE yang tercatat oleh American Express Bank Danamon juga naik menjadi Rp 340 miliar. "Pasar MICE secara ekonomi semakin menguntungkan. Pelaksanaan MICE kini juga lebih terorganisir dengan dana yang besar," kata Berman Lubis, Direktur Konvensi, Insentif dan Pameran dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Jakarta, Senin (19/3). Bikin kerjasama Untuk meningkatkan transaksi sektor MICE ini, Kemenparekraf akan bekerja sama dengan American Express Bank Danamon. Kerja sama berupa penyelenggaraan kegiatan ICMITM (Indonesia Corporate Meeting & Incentive Travel Mart) tahun 2012. Acara yang berlangsung empat tahun sekali ini, akan dilaksanakan di Hotel Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Centre, Medan, pada 8-12 Mei 2012. Acara ini diharapkan mampu mendatangkan 100 buyer pembeli dengan 100 seller sektor MICE dari di seluruh Indonesia.