Inflasi Tinggi Berdampak pada Penurunan Penjualan Global McDonald's



KONTAN.CO.ID -  Penjualan McDonald's dilaporkan mengalami penurunan mengejutkan secara global pada hari Senin (29/7/2024), pertama kalinya dalam 13 kuartal terakhir.

Penurunan ini disebabkan oleh konsumen yang mencari penawaran lebih murah dan menghindari menu dengan harga lebih tinggi, seperti Big Mac.

Inflasi yang terus-menerus memaksa konsumen berpenghasilan rendah untuk beralih ke makanan yang lebih terjangkau di rumah. Hal ini mendorong rantai makanan cepat saji seperti McDonald's, Burger King, Wendy's, dan Taco Bell untuk mengandalkan paket hemat guna menarik pelanggan.


Saham McDonald's, yang turun 15% tahun ini, naik hampir 4% setelah eksekutif perusahaan mengatakan bahwa paket makanan seharga US$ 5 yang diluncurkan akhir Juni terjual melebihi ekspektasi.

Baca Juga: Ditengah Isu Boikot Global, McDonald's Sri Lanka Gulung Tikar, Ada Apa?

Mereka juga mengungkapkan bahwa perusahaan sedang bekerja sama dengan waralaba untuk memperpanjang promosi ini hingga Agustus.

Perusahaan tersebut tetap berpegang pada prediksi margin operasional tahun 2024 di kisaran 40% hingga 50% dan menyatakan akan lebih selektif dalam menaikkan harga untuk menjaga profitabilitas.

"Meskipun saat ini lalu lintas pelanggan menurun, diharapkan akan membaik pada paruh kedua tahun ini dengan penawaran yang lebih baik pada menu," kata Brian Mulberry, manajer portofolio klien di Zacks Investment Management.

Penjualan global turun 1% pada kuartal kedua, dibandingkan dengan ekspektasi peningkatan 0,5%. Namun, pendapatan keseluruhan naik 1%. CEO Chris Kempczinski menyatakan bahwa konsumen saat ini lebih berhati-hati dalam membelanjakan uang mereka. 

"Sentimen konsumen di sebagian besar pasar utama kami tetap rendah," katanya.

Hasil McDonald's sejalan dengan pernyataan CEO Coca-Cola, James Quincey, yang mengatakan bahwa terdapat kelemahan di saluran makan di luar rumah di Amerika Utara, indikasi bahwa lebih sedikit orang yang makan di luar.

"Kerugian terbesar bagi McDonald's adalah konsumen berpenghasilan rendah yang sangat mengurangi kunjungan mereka, dan ini lebih dari sekadar mengimbangi penurunan biasa yang dialami McD dalam masa ekonomi sulit," kata analis Edward Jones, Brian Yarbrough.

Penjualan di AS turun 0,7% pada kuartal yang berakhir 30 Juni, dibandingkan dengan lonjakan 10,3% setahun lalu. Penjualan di pasar internasional, yang menyumbang hampir setengah dari pendapatan 2023, turun 1,1%, terutama disebabkan oleh kelemahan di Prancis.

Baca Juga: Wall Street Berakhir Turun Tajam pada Selasa (13/2), Inflasi Tinggi Memicu Aksi Jual

Pemulihan yang lebih lambat dari yang diharapkan di China dan konflik di Timur Tengah merugikan kinerja segmen bisnis McDonald's di mana restoran dioperasikan oleh mitra lokalnya, dengan penurunan penjualan sebesar 1.3% dibandingkan dengan lonjakan 14% setahun sebelumnya.

Perusahaan seperti McDonald's dan Starbucks juga terkena dampak boikot konsumen yang terkait dengan perang Gaza, yang memengaruhi penjualan mereka di pasar Timur Tengah.

Meski begitu, McDonald's tetap pada anggaran belanja modal hingga US$ 2,7 miliar, dengan lebih dari setengahnya dialokasikan untuk restoran baru di AS dan pasar internasional.

Perusahaan melaporkan pendapatan sebesar US$ 2,97 per saham pada basis yang disesuaikan di kuartal kedua, tidak memenuhi ekspektasi sebesar US$ 3,07.

Editor: Noverius Laoli