Inflator Airbag Pecah, BMW Tarik Lebih Dari 1000 Mobilnya di AS



KONTAN.CO.ID - BMW menarik kembali 1.145 kendaraan di Amerika Serikat karena masalah pecahnya inflator airbag saat mengembang kata Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS pada hari Rabu.

Jenis mobil BMW yang ditarik adalah Gran Coupe Seri 6 tahun 2015, Gran Turismo Seri 5 tahun 2014, dan sedan Seri 5 tahun 2014, di antara kendaraan lain yang dilengkapi dengan inflator kantung udara yang diproduksi oleh produsen suku cadang otomotif Jepang Takata Corp.

Baca Juga: Uni Eropa Bakal Pangkas Tarif Impor Mobil Listrik China untuk Volkswagen dan BMW?


Sejak tahun 2009, ada lebih dari 30 kasus kematian, termasuk 26 kasus di AS - dan ratusan cedera telah dikaitkan dengan kantung udara Takata yang dipasang pada kendaraan dari berbagai produsen mobil.

NHTSA mengatakan masalah tersebut, yang disebabkan oleh cacat produksi, berpotensi mengakibatkan pecahan tajam mengenai pengemudi atau penumpang lainnya. Airbag depan pengemudi akan diganti tanpa biaya, kata regulator keselamatan otomotif AS.

Minggu lalu, produsen mobil asal Jerman tersebut menarik kembali 394.000 kendaraan di AS karena masalah serupa pada sedan Seri 3 dan model Sportswagon dari tahun model 2006 hingga 2012.

Pada tahun 2020, NHTSA mengatakan telah mengidentifikasi kasus kematian di AS yang terkait dengan pecahnya inflator airbag Takata dalam kecelakaan BMW di Arizona.

Baca Juga: Google Semakin Dekat dalam Melakukan Akuisisi Terbesar yang Pernah Ada

Editor: Tri Sulistiowati
TAG: