Inggris akan menghapus 11 negara dari daftar merah perjalanan COVID-19 mulai Rabu



KONTAN.CO.ID - LONDON: Inggris akan menghapus 11 negara dari daftar merah perjalanan COVID-19 mulai Rabu (15/12) karena sekarang ada transmisi komunitas Omicron, kata Menteri Kesehatan Sajid Javid kepada parlemen.

Pemerintah Inggris menambahkan negara-negara Afrika selatan ke daftar merahnya pada akhir November, yang berarti bahwa masuk hanya diizinkan untuk warga negara atau penduduk Inggris yang kemudian harus dikarantina di sebuah hotel, dalam upaya untuk memperlambat penyebaran varian Omicron.

Sekarang setelah ada transmisi komunitas Omicron di Inggris dan Omicron telah menyebar begitu luas di seluruh dunia, daftar merah perjalanan sekarang kurang efektif dalam memperlambat serbuan Omicron dari luar negeri," kata Javid.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di AS naik, perusahaan keuangan AS menunda rencana kembali ke kantor

Sementara kami akan mempertahankan langkah-langkah pengujian sementara kami untuk perjalanan internasional, kami akan menghapus semua 11 negara dari daftar merah perjalanan efektif mulai pukul 04.00 besok pagi. Inggris mewajibkan semua pelancong yang masuk untuk melakukan PCR atau tes aliran lateral cepat maksimum 48 jam sebelum keberangkatan.

Sekretaris Transportasi Grant Shapps mengatakan langkah-langkah pengujian ini akan ditinjau pada minggu pertama Januari. "Seperti biasa, kami tetap meninjau semua tindakan perjalanan kami dan kami dapat memberlakukan pembatasan baru jika diperlukan untuk melindungi kesehatan masyarakat," katanya di Twitter.

11 negara yang akan dihapus dari daftar adalah Angola, Botswana, Eswantini, Lesotho, Malawi, Mozambik, Namibia, Nigeria, Afrika Selatan, Zambia, dan Zimbabwe.

Editor: Handoyo .