Ingin dapat pekerjaan impian? Ini 7 tips menghadapi wawancara kerja yang efektif



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menghadapi wawancara kerja mungkin menjadi salah satu momok bagi para pencari kerja. Saat tes tertulis atau administrasi, biasanya peserta akan sangat yakin lolos, tapi berbeda ketika menghadapi wawancara kerja. 

Banyak faktor yang menyebabkan para pencari kerja gugur saat sesi interview. Pertanyaan menjebak, durasi waktu yang terkesan singkat, juga detail-detail lain membuat tidak sedikit pencari kerja gagal dalam wawancara kerja. 

Agar lebih siap menghadapi wawancara kerja, ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan dan perhatikan. Mengutip Indeed, berikut tips menghadapi wawancara kerja yang efektif sehingga membuat proses interview Anda lebih lancar:

Baca Juga: Lowongan Kerja di Bursa Efek Indonesia besar-besaran, catat syaratnya

Persiapkan segala hal yang diperlukan saat wawancara kerja

Perhatikan segala persyaratan yang wajib Anda bawa saat wawancara. Persiapkan segala dokumen, alat tulis, dan sebagainya di malam sebelum wawancara. Masukkan dalam tas Anda, dan cek kembali saat akan berangkat menuju lokasi wawancara.

Mempersiapkan baju dan sepatu yang akan Anda kenakan saat interview juga merupakan salah satu cara menghadapi wawancara kerja yang efektif. 

Datang lebih awal, setidaknya 15 menit sebelum wawancara

Tips menghadapi wawancara kerja selanjutnya adalah kedatangan. Estimasikan jarak dan waktu tempuh dari lokasi Anda dan tempat wawancara.

Baca Juga: Lowongan kerja BUMN lewat program GDP, silakan catat persyaratannya

Dari estimasi tersebut, Anda bisa memperkirakan pukul berapa akan sampai di lokasi wawancara. Jangan datang pas dengan jadwal interview, tapi setidaknya 15 menit lebih awal.

Dengan datang awal, Anda bisa memiliki waktu untuk mempersiapkan diri dan sedikit berlatih sebelum benar-benar mengikuti interview.

Buat kesan yang baik saat wawancara berlangsung

Detail-detail kecil, seperti kuku dan sepatu, kadang terabaikan oleh peserta interview. Memberikan sedikit perhatian pada detail-detail ini bisa membantu Anda menghadapi wawancara kerja.

Kuku yang bersih dan terpotong rapi, sepatu yang bersih, hingga pakaian yang bebas noda dan bulu binatang, bisa memberikan kesan yang baik saat wawancara kerja.

Baca Juga: Lowongan kerja BUMN PTPN dibuka13 Juli 2020, ini syarat dan ketentuan