KONTAN.CO.ID - Shopee saat ini menjadi salah satu situs belanja online yang diminati oleh masyarakat. Namun, terkadang masyarakat harus mengalami kendala saat berbelanja online seperti barang yang datang ternyata rusak, atau tidak sesuai dengan deskripsi. Di Shopee, ada fitur pengembalian dana dan barang jika memang paket yang diterima cacat, rusak, atau tidak sesuai dengan deskripsi.
Syarat pengembalian dana dan barang di Shopee
Dikutip dari laman resmi Shopee.co.id, berikut syarat pengembalian dana dan barang di Shopee:- Pembeli dapat mengajukan permohonan untuk pengembalian barang yang dibeli ("Barang") atau pengembalian dana sebelum berakhirnya Masa Garansi Shopee seperti yang tercantum dalam Syarat Layanan.
- Pembeli hanya boleh mengajukan permohonan pengembalian Barang dan/atau pengembalian dana dalam situasi berikut:
- Barang belum diterima oleh Pembeli;
- Barang tersebut cacat dan/atau rusak saat diterima;
- Penjual telah mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang disepakati (misalnya salah ukuran, warna, dsb.) kepada pembeli;
- Barang yang dikirimkan kepada pembeli secara material berbeda dari deskripsi yang diberikan oleh penjual dalam daftar barang; atau
- Pembeli harus memastikan bahwa barang, termasuk setiap barang gratis/bawaan seperti aksesoris yang datang bersama dengan Barang, harus dikembalikan kepada penjual dalam kondisi yang diterima oleh pembeli pada saat pengiriman. Shopee akan menyarankan pembeli untuk mengambil foto barang pada saat diterima.
- Permohonan pembeli harus dikirimkan melalui situs.