Ingin Mulai Menjadi Vegetarian? Coba 4 Makanan Ini



MOMSMONEY.ID - Pola makan vegetarian telah lama menjadi diet yang populer hingga saat ini. Manfaat menjalani pola makan vegetarian bervariasi, salah satunya baik untuk kesehatan tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker, dikutip dari Mayo Clinic.

Namun, beberapa vegetarian terlalu bergantung pada makanan olahan. Makanan tersebut bisa saja tinggi kalori, gula, lemak, dan natrium. 

Diet dan nutrisi selama menjalani pola makan vegetarian juga harus seimbang. Kebutuhan makan buah, sayuran, biji-bijian, dan makanan kaya kalsium tetap harus terpenuhi. Jika tidak, nutrisi yang dibutuhkan tidak terpenuhi. 

Baca Juga: Jauhkan Penderita Diabetes dari Makanan-Makanan Ini

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk Anda yang ingin menjadi seorang vegetarian bisa dimulai dengan mengonsumsi 4 makanan ini, dikutip dari Mayo Clinic.

1. Buah

Sebaiknya jangan hanya terpaku pada satu atau dua buah-buahan yang populer. Coba juga buah-buahan tropis seperti pepaya, buah naga, atau belimbing.

Selain itu, coba pula buah melon atau buah yang banyak mengandung air, sebab buah ini dapat menghidrasi tubuh. 

Di samping itu, buah plum, persik, ceri, aprikot, kesemek, dan pir juga sebaiknya dicoba. Kombinasikan juga dengan lemak sehat yang berasal dari alpukat.

2. Makanan berprotein

Protein tetap diperlukan selama menjalani pola makan vegetarian. Makanan berprotein membantu menjaga kesehatan kulit, tulang, otot, dan organ tubuh.

Telur dan produk susu adalah sumber protein yang baik, tapi Anda tidak perlu makan dalam jumlah besar. Kebutuhan protein juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

Baca Juga: 5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil di Trimester Pertama Kehamilan

3. Sayuran

Jika Anda menyukai satu atau dua jenis sayuran, tidak ada salahnya untuk mengkombinasikan sayuran lainnya. Misalnya Anda menyukai bayam atau kangkung, baurkan juga sayuran lobak, sawi, atau selada saat mengonsumsinya. 

Anda juga bisa menggunakan sayuran hijau yang kaya nutrisi saat membuat sandwich. Sayuran akar seperti bengkuang dan lobak juga bagus untuk kesehatan. 

4. Kacang-kacangan

Ada banyak jenis kacang-kacangan yang perlu kamu ketahui sebagai vegetarian pemula. Ada kacang polong, kacang navy, lentil, kacang merah, almond, kenari, kedelai, kacang arab dan lainnya.

Kacang-kacangan atau biji-bijian utuh lebih tinggi serat dan protein dibandingkan dengan yang olahan. 

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi vegetarian. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebiasaan Anda sehari-hari. Hal ini akan mempermudah perubahan pola makan secara perlahan.

Setiap perubahan memerlukan waktu, jadi Anda tidak perlu terburu-buru awali dengan mengganti beberapa bahan pangan hewani dengan alternatifnya. Lama-kelamaan, Anda akan semakin terbiasa dengan bahan makanan nabati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian