Ingin tahu cara meningkatkan HB? Coba 4 hal ini, yuk



KONTAN.CO.ID - HB atau hemoglobin adalah salah satu jenis protein yang ada dalam sel darah merah.Cara meningkatkan HB perlu Anda coba supaya fungsinya tetap bisa berjalan dengan baik.

Fungsi utama HB adalah untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida. 

Ada beberapa gejala tubuh kekurangan HB yang bisa Anda alami. Mulai dari detak jantung yang terlalu cepat dan tidak beraturan, mudah lelah, tubuh terasa lemah, kulit terlihat pucat, hingga sering sakit kepala.

Dengan memperhatikan gejala-gejala itu, Anda bisa lebih mudah untuk menentukan langkah perawatan apa yang sebaiknya Anda lakukan. Cobalah beberapa cara di bawah ini sembari tetap melakukan konsultasi dengan dokter.

Konsumsi zat besi

Hal utama yang perlu Anda coba supaya jumlah HB bertambah adalah dengan memperbanyak asupan zat besi. Ada banyak jenis makanan yang mengandung zat besi dan bisa Anda jadikan pilihan. Mulai daging, ikan, kedelai, telur, hingga brokoli.

Baca Juga: Wajib Anda coba, 6 rekomendasi makanan penambah darah ini

Maksimalkan penyerapan zat besi

Mengonsumsi banyak makanan yang kaya zat besi memang perlu Anda lakukan. Namun, Medical News Today menyebutkan, hasilnya akan lebih baik jika Anda melakukan beberapa hal yang bisa memaksimalkan penyerapan zat besi dalam tubuh Anda.

Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak vitamin C, vitamin A, dan beta karoten. Beberapa jenis makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi itu adalah stroberi, sayuran hijau, ubi manis, wortel.

Baca Juga: 6 Rekomendasi makanan penambah darah ini wajib Anda coba

Konsumsi asam folat

Cara meningkatkan HB berikutnya yang direkomendasikan oleh Medical News Today adalah mengonsumsi bahan-bahan alami yang mengandung banyak asam folat, misalnya, bayam.

Sama dengan zat besi, asam folat memegang peranan penting pada produksi hemoglobin dalam sel darah merah.

Konsumsi suplemen

Selain mengonsumsi bahan-bahan alami, cara meningkatkan HB juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi suplemen zat besi.

Pastikan untuk meminta saran dosis suplemen yang sesuai dengan kondisi Anda dari dokter, ya. Dengan begitu, risiko kesehatan lain dapat Anda hindari.

Selanjutnya: Kaki bengkak saat hamil, berikut 12 cara mengatasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News