Ini 12 Hal yang Perlu Anda Tanyakan Sebelum Tinggal Bersama Teman!



MOMSMONEY.ID - Bisa dijadikan bahan pertimbangan, ini 12 hal yang perlu Anda tanyakan sebelum tinggal bersama!

Di tengah kota yang sibuk dan merantau sendirian, terkadang kita ingin tinggal bersama teman atau sahabat. Tinggal bersama bisa membuat hidup lebih berwarna usai kerja namun tentu ini juga bisa menimbulkan konflik baru. 

Baca Juga: Apakah Aman Konsumsi Telur Rebus untuk Asam Lambung?


Sedekat apapun Anda dengan sahabat dan mengetahui kesehariannya, penting untuk mendiskusikan hal-hal tertentu sebelum tinggal bersama. Ini bertujuan mendapatkan pemahaman bersama untuk meminimalisir konflik. 

Melansir MyDomaine, berikut 12 hal yang perlu Anda tanyakan sebelum tinggal bersama; Apa saja rutinitas harian Anda Pertanyaan ini penting karena rutinitas harian Anda yang berbeda dengan sahabat Anda bisa membuat konflik yang terpendam. Tanyakan hal ini untuk mengetahui rutinitas harian apa saja yang tidak boleh diganggu sehingga bisa saling menyesuaikan.

Apa saja prioritas kegiatan: bekerja, bermain, bersih-bersih atau istirahat Mengetahui prioritas ini membuat Anda tahu bagaimana harus menyesuaikan diri. Misalkan teman Anda mengutamakan kamar yang rapi, ini akan membuat Anda menyesuaikan untuk sebisa mungkin memiliki tingkat kebersihan yang sama. 

Jam berapa biasanya bangun dan tidur? Cari tahu apakah teman sekamar Anda memiliki jadwal bangun dan tidur yang tepat atau mereka lebih suka begadang. Diskusikan pada jam berapa kalian harus mulai menurunkan volume suara aktivitas di malam dan pagi hari. 

Baca Juga: 3 Resep Sambal Terasi Goreng Praktis untuk Pendamping Makan Ayam dan Ikan Bakar

Kondisi apa yang Anda butuhkan untuk tidur? Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk bisa tidur. Apabila Anda bangun terlambat dan teman Anda berangkat kerja pagi maka Anda harus menetapkan aturan dasar. Misalkan buat aturan bahwa Anda hanya boleh mendengarkan musik di jam tertentu atau mematikan lampu pada waktu tertentu. 

Bagaimana mereka suka mendiskusikan sesuatu? Tanyakan apakah teman Anda lebih suka mendiskusikan sesuatu secara langsung atau melalui pesan? Tentukan apa yang paling sesuai untuk menyampaikan keluhan dan permintaan. 

Apa saja aktivitas Anda di kamar Tanyakan apakah mereka lebih banyak bekerja di kamar atau menjadikan kamar hanya tempat istirahat. Beberapa orang juga melihat kama rtidur sebagai tempat untuk mengembalikan kekuatan mental mereka. Setiap ornag punya pandangan berbeda dan kalian harus sama-sama saling menghormati itu. 

Seberapa rapi atau berantakan Anda Ada orang yang sangat tidak suka kekacauan, ada juga orang yang suka menjaga kerapian di tempat umum namun membiarkan kamar dan lemarinya berantakan. Maka dari itu, diskusikan aturan yang berlaku soal kerapian di kamar. 

Baca Juga: 10 Pilihan Buah yang Bagus untuk Kolesterol, Bantu Turunkan LDL

Apakah boleh membawa hewan peliharaan? Ada orang yang suka dengan hewan lucu seperti kucing dan ajing namun tak suka memeliharanya. Terutama karena memelihara hewan berarti siap untuk membersihkan kotorannya hingga aroma yang tak sedap ada di apartemen Anda. Maka dari itu diskusikan hal ini sebelum kalian tinggal berdama. 

Cari tahu cara mereka menghilangkan stress Dengan mengetahui hal ini, Anda bisa tetap memberikan ruang sendiri bagi mereka meski kalian tinggal bersama. Jika dia suka menonton film di akhir pekan, biarkan mereka dengan kegiatannya. Begitu pula denga Anda bisa meminta mereka menghormati apa kegiatan yang Anda suka untuk menghilangkan stress. 

Bagaimana jika ada tamu menginap? Mungkin Anda adalah tipe yang suka mengajak teman lain menginap, namun teman Anda yang tinggal bersama Anda tak menyukainya. Jika tidak didiskusikan ini bisa menjadi masalah besar di kemudian hari. 

Baca Juga: Catat, ya! Inilah Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

Apa pekerjaan rumah yang Anda benci? Tanyakan ini untuk mengetahui pembagian tugas membersihkan rumah, apartemen dan kamar kos. Misalkan mereka tidak suka menyapu tapi lebih suka mengepel, maka buat kesepakatan bersama tugas-tugas tersebut. Termasuk bagaimana jadwal membersihkan rumah. 

Seberapa sering Anda memasak? Tanyakan hal ini untuk menghitung anggaran bulanan bagi kalian berdua untuk patungan jika ada yang suka memasak. Ini penting ditanyakan jika tidak akan ada pihak yang merasa dirugikan. 

Apa saja barang pribadi mereka yang tak suka untuk digunakan berbagi? Pahami bagaimana mereka melihat benda-benda kesayangan mereka. Misalkan mereka tak suka bertukar kasur atau bantal, maka hormatilah hal tersebut untuk mencegah konflik. 

Itu tadi hal-hal yang perlu Anda tanyakan untuk bahan pertimbangan sebelum kalian tinggal bersama. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta