Ini 12 Manfaat Cuka Putih, Selalu Simpan di Rumah!



MOMSMONEY.ID - Ternyata cuka putih memiliki banyak manfaat di rumah, yuk selalu simpan bahan dapur ini!

Cuka putih merupakan bahan rumah tangga serbaguna. Selain untuk memasak, cuka putih juga memiliki manfaat untuk mengusir serangga, membersihkan telinga hewan peliharaan dan bahan menghilangkan noda ketiak. 

Baca Juga: Daftar 4 Serial Terbaru Netflix Minggu Ini, Ada Drakor My Dearest


Jadi saat Anda pergi belanja, jangan lupa untuk membelisatu hingga dua botol cuka ini. Melansir How Stuff Works, cuka aalah asam asetat yang dicampur dengan air, bahan kimia dan perasa. 

Cuka putih suling dan cuka apel dalah cuka yang paling banyak di beli. Nah kedua cuka ini bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi banyak masalah di rumah. 

Berikut 12 manfaat cuka yang bisa mengatasi permasalahan di rumah!

Salep dan pengusir serangga

Manfaat cuka yang pertama, oleskan cuka putih pada gigitan serangga untuk mengurangi rasa perih dan gatal, serta membantu mendisinfeksi area tersebut. Namun jangan gunakan pada gigitan yang memiliki luka terbuka. 

Baca Juga: Banyak Film Indonesia, Cek Daftar Top Film Netflix Hari Ini di Sini

Anda juga bisa menggunakan cuka apel untuk mengusir serangga. Gosokkan sedikit cuka pada lengan dan kaki Anda atau bagian tubuh yang dihinggapi serangga. 

Bisa membunuh gulma dan mengusir semut

Manfaat cuka selanjutnya tiak perlu membeli semprotan berbahan kimia untuk menyingkirkan gulma yang tidak sedap dipandang. Semprotkan saja cuka putih suling.

Anda juga bisa memanfaatkan cuka untuk mengusir semut. Semprotkan cuka dan air dengan perbandingan yang sama pada sarang semut. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Fitur Baru di Instagram Tidak Muncul di Akun Pribadi

Mempercantik batu bata

Jika Anda memiliki dinding yang memamerkan bati bata, manfaatkan cuka putih untuk menghilangkan warna kusam pada batu bata. Cukup semprotkan cuka putih suling dan air dengan perbandingan yang sama. Setelah disemprot, diamkan beberapa menit sebelum Anda lap atau gosok. 

Membersihkan telinga hewan peliharaan

Jika telinga anjing atau kucing Anda kotor, manfaatkan cuka putih untuk membersihkannya. Campurkan 4 sendok makan air dan satu sendok maka cuka putih suling. Lalu oleskan ke bagian dalam telinga dengan kain bersih. Namun jangan lakukan ini jika ada luka pada telinga hewan peliharaan Anda.

Membuka toples yang tertutup sangat rapat

Saat Anda kesulitan membuka toples tang tutupnya sangat rapat, Anda bisa memanfaatkan cuka. Balik toples dan tetesi bagian leher botol dengan cuyka putih suling hangat. 

Baca Juga: Bisa Kurangi Stres, Ini 11 Khasiat Minum Teh untuk Kesehatan Tubuh Anda

Membersihkan gunting

Manfaat cuka selanjutnya adalah menghilangkan lem yang menyebabkan gunting lengket. Bersihkan dengan cuka putih bagian yang lengket kemudian keringkan. Jangan membersihkan gunting dengan air karena akan membuat gunting berkarat. 

Menghilangkan bau asap

Untuk menghilangkan bau asap, isi beberapa mangkuk kecil dengan cuka putih atau cuka apel. Kemudian letakkkan mangkuk di sekitar ruangan. Bau asap akan hilang dalam waktu 24 jam. Jika Anda tak suka bau cuka, bisa tambahkan beberapa tetes minyak lavender ke dalamnya.

Perawatan mobil

Anda bisa memanfaatkan cuka untuk merawat mobil. Gunakan cuka untuk menghilangkan stiker maupun stiker bemper dari krom dengan merendamnya dalam cuka putih suling lalu kikis residunya. 

Untuk daerah dengan iklim dingin, Anda bisa mengelap jendela mobil dengan cuka di musim dingin untuk mencegah embun beku. Cukup campurkan tiga bagian cuka putih suling dengan satu bagian air. Lap jendela beberapa minggu sekali. Anda juga bisa membersihkan wiper mobil dengan kain bersih yang dicelupkan ke dalam cuka putih suling. 

Baca Juga: Peringati No Bra Day, Intip 5 Keuntungan Tidak Pakai Bra

Perangkap lalat buah

Lalat buah kecil bisa tiba-tiba muncul di rumah Anda, terbang mengitari buah. Oleh karena itu manfaatkan cuka untuk menjadi perangkap lalat buah. Letakkan semangkok cuka sari apel dengan tiga tetes sabun cuci piring di dalamnya. 

Anda juga bisa bisa menuangkan sedikit cuka sari apel ke dalam gelas lalu tutup dengan plastik dan ikat dengan karet gelang. Buat beberapa lubang kecil dan halus sehingga lalat bisa masuk tetapi akan kesulitan keluar. 

Menghilangkan noda ketiak pada baju

Ternyata cuka juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan noda ketiak pada baju. Tetaskan cuka putih suling pada noda lalu gosok dan cuci seperti biasa. 

Mencegah telur retak saat direbus

Tambahkan dua sendok makan cuka ke setiap satu liter air yang Anda gunakan untuk merebus telur. Teteskan sebelum air mendidih. Ini akan mencegah telur retak dan membuat telur lebih mudah dikupas setelahnya. 

Baca Juga: Yuk Simak Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham Hari Ini (14/10) dari Yugen Sekuritas

Membuat rambut berkilau

Banyak orang masih menganggap trik lama ini sebagai cara menghilangkan sisa shampoo sekaligus membuat rambut berkilau. Campurkan 1-2 sendok makan cuka apel atau cuka putih dengan satu cangkir air. Lalu tuangkan ke kepala dan pijat di bagian akar rambut setelah keramas. Jika sudah, bilas hingga bersih untuk menghilangkan baunya. 

Campuran ini cukup aman untuk rambut yang dicat. Namun karena cuka bersifat asam, sebaiknya gunakan cara ini hanya untuk satu minggu sekali. 

Itu tadi daftar manfaat cuka untuk mengatasi permasalahan di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat ya Moms!

Selanjutnya: Insentif Tarif Pajak Masih Menggantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta