Ini 3 Cara Membatalkan Pesanan Shopee dengan Mudah



KONTAN.CO.ID - Cara membatalkan pesanan Shopee yang mudah dilakukan oleh pembeli. Setiap pengguna bisa mendapatkan banyak fasilitas dan fitur apik di aplikasi Shopee.

Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar yang punya banyak pengguna dan penjual aktif.

Kini setiap pengguna aplikasi Shopee bisa dengan mudah mencari dan memesan barang/jasa tertentu sesuai kebutuhan.


Pilihan pembayaran hingga promo menarik menjadi salah satu daya tarik untuk bertransaksi di Shopee.

Baca Juga: 2 Cara Transfer Shopeepay ke Sesama Pengguna dengan Cepat dan Mudah

Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan setiap pengguna bisa alami kesalahan bertransaksi di Shopee.

Salah satu contoh, pengguna bisa saja salah membeli barang yang sudah masuk ke pesanan Shopee.

Setiap proses barang atau pesanan Shopee memiliki jangka waktu mulai dari pengemasan hingga pengiriman barang.

Pengguna bisa dengan mudah ikuti cara membatalkan pesanan Shopee sesuai dengan situasi penjual.

Baca Juga: Ini Cara Daftar Shopee Affiliates dan Syaratnya, Hanya Dua Langkah

Simak beberapa cara membatalkan pesanan Shopee yang mudah dan praktis.

Cara membatalkan pesanan Shopee

1. Cara membatalkan pesanan Shopee secara instan

Pertama, ada cara membatalkan pesanan apabila barang belum diproses sama sekali oleh penjual.

Cara membatalkan pesanan Shopee secara instan dapat dilakukan oleh pembeli dalam waktu 1 jam setelah pembayaran terverifikasi.

Pembeli dapat mengikuti cara membatalkan pesanan di Shopee dan tidak perlu menunggu respons penjual.

Tentu, pengguna juga bisa membuka percakapan untuk membatalkan dan memahami alasan pembatalan.

Baca Juga: ​Cara Top Up ShopeePay di Indomaret, Minimal Top Up dan Biayanya

2. Cara membatalkan pesanan Shopee secara non-instan

Salah satu cara membatalkan pesanan Shopee adalah dengan respon dari penjual atau seller. Setiap penjual juga berhak menolak untuk pembatalan jika barang sudah dikirim.

Cara kedua dari membatalkan pesanan Shopee bisa dilakukan saat barang sudah dikemas oleh penjual.

Pastikan buka percakapan dengan penjual agar memahami keluhan atau alasan membatalkan pesanan.

Pembeli bisa melakukan cara membatalkan pesanan di Shopee di atas dan harus menunggu respons penjual.

Sistem akan memberikan jangka waktu 1x24 jam untuk penjual merespons, apabila tidak pembatalan akan otomatis berhasil.

Baca Juga: Ada 3 Pilihan, Ini Cara Transfer ShopeePay ke Sesama Pengguna

3. Cara membatalkan pesanan Shopee secara otomatis

Terakhir, ada cara membatalkan pesanan Shopee yang juga dilakukan oleh sistem.

Kondisi ini terjadi apabila pengguna tidak mendapatkan kabar atau penjual tidak mengirimkan pesanan hingga masa pengemasan habis.

Cara membatalkan pesanan di Shopee secara otomatis ini juga berlaku jika penjual tidak membuka aplikasi Shopee.

Hal ini dapat dilihat dari waktu terakhir penjual aktif atau membuka aplikasi Shopee melalui profil atau chat.

Secara sederhana membatalkan pesanan Shopee ada di menu Pesanan Saya.

Pengguna bisa ikuti petunjuk sesuai dengan proses pesanan Shopee oleh penjual.

Demikian beberapa cara membatalkan pesanan Shopee dengan mudah dan praktis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News