KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) terus mendorong pertumbuhan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air. Ada empat fokus utama bank sentral untuk pengembangan segmen ini. Onny Widjanarko, Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta, mengatakan fokus pertama adalah korporatisasi UMKM. Hal ini penting dilakukan karena BI sulit jika harus menyasar UMKM satu-satu. Dengan adanya korporatisasi, BI bisa menyasar kelompok UMKM. "Korporatisasi ini perlu didorong untuk meningkatkan skala usaha. Karena kalau sudah berkelompok, UMKM bisa membentuk badan usaha sehingga selanjutnya bisa ikut dalam pengadaan barang," jelas Onny dalam seminar Indonesia Marketing Association (IMA) bertajuk Peran UMKM dalam Industri Pariwisata yang digelar di Jakarta, Minggu (11/9).
Ini 4 Fokus Utama BI dalam Mendorong Pengembangan UMKM
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) terus mendorong pertumbuhan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air. Ada empat fokus utama bank sentral untuk pengembangan segmen ini. Onny Widjanarko, Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta, mengatakan fokus pertama adalah korporatisasi UMKM. Hal ini penting dilakukan karena BI sulit jika harus menyasar UMKM satu-satu. Dengan adanya korporatisasi, BI bisa menyasar kelompok UMKM. "Korporatisasi ini perlu didorong untuk meningkatkan skala usaha. Karena kalau sudah berkelompok, UMKM bisa membentuk badan usaha sehingga selanjutnya bisa ikut dalam pengadaan barang," jelas Onny dalam seminar Indonesia Marketing Association (IMA) bertajuk Peran UMKM dalam Industri Pariwisata yang digelar di Jakarta, Minggu (11/9).