Ini 4 Kandungan Skincare yang Bisa Bikin Awet Muda dan Menenangkan Kulit



MOMSMONEY.ID - Ada beberapa kandungan skincare yang memiliki manfaat untuk mencegah penuaan dini dan menenangkan kulit. Anda perlu memperhatikan kandungan utama yang ada di dalam produk saat memilih produk skincare. 

Jika menginginkan kulit yang awet muda dan menenangkan kulit, ada beberapa rekomendasi kandungan skincare yang bisa Anda gunakan. Mengutip blog.marthatilaarshop.com, berikut beberapa kandungan skincare untuk mencegah penuaan dan menenangkan kulit, yaitu: 

1. Centella Asiatica

Pertama, kandungan skincare mencegah penuaan dan menenangkan kulit yaitu centella asiatica. Kandungan skincare ini populer digunakan oleh banyak merk produk skincare. 

Centella asiatica atau yang sering juga disebut cica, dipopulerkan oleh K-Beauty yang berasal dari Gotu Kala atau rumput harimau. Centella asiatica juga memiliki kemampuan menenangkan kulit, mengurangi jerawat, bahkan mengatasi bekas luka dan memperbaiki skin barrier.

Selain itu, centella asiatica juga sering digunakan sebagai kandungan skincare antiaging alasannya karena dapat membantu mengatur sintesis kolagen dan mengurangi garis-garis halus.

2. Retinol

Selanjutnya, retinol juga termasuk kandungan skincare yang dapat mencegah penuaan  dan menenangkan kulit. Retinol adalah turunan dari vitamin A yang diperkaya dengan antioksidan untuk melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas, mengurangi jerawat, juga mengurangi garis halus.

Retinol juga berfungsi meningkatkan produksi kolagen dan mendorong pembaruan sel pada kulit. Retinol akan membuat kulit terasa lebih kenyal dan tampak awet muda. Akan tetapi, retinol dikenal dengan tingkat mengiritasi yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, ahli kecantikan menyarankan agar menggunakan retinol secara perlahan dan tidak digunakan setiap hari. Penggunaan retinol disarankan saat malam hari, hal ini dikarenakan retinol membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Baca Juga: Mulai Sadari, Inilah 5 Tanda-Tanda Penuaan Dini pada Kulit Wajah

3. Mugwort

Kandungan skincare berikutnya adalah mugwort. Mugwort mampu menenangkan kulit sebagai hero ingredient bagi pemilik kulit berjerawat maupun mudah iritasi.

Karena sangat menenangkan, mugwort bahkan dapat meredakan masalah kulit seperti psoriasis ataupun eczema. Hal ini karena mugwort mengandung vitamin E yang dapat menjaga kelembapan kulit.

Selain tinggi akan kandungan vitamin E, mugwort juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah dampak buruk dari radikal bebas dan munculnya garis halus pada kulit. 

4. Poly Hydroxy Acid (PHA)

Kandungan skincare untuk mencegah penuaan dan menenangkan kulit lainnya adalah poly hydroxy acid (PHA). Alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA) adalah dua komposisi eksfoliasi yang populer. Namun, poly hydroxy acid (PHA) adalah pilihan yang paling lembut dibandingkan AHA dan BHA. 

Chemical exfoliator seperti ini membantu mengangkat sel kulit mati, mengurangi hiperpigmentasi dan membuat kulit lebih kencang dan bercahaya. PHA sangat bagus untuk hampir semua jenis kulit, karena bersifat sebagai eksfoliator yang lembut.

PHA juga dapat ditoleransi oleh kulit yang menganggap AHA dan BHA terlalu mengiritasi. Beberapa PHA populer yang paling sering digunakan dalam produk perawatan kulit adalah asam laktobionat, galaktosa, dan glukonolakton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana