KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) menunjukkan dukungannya dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pariwisata daerah. Salah satunya, adalah dengan penyelenggaraan Karya Kreatif Indonesia. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, dukungan ini sangat penting, mengingat UMKM adalah salah satu pilar penting dalam pemulihan ekonomi nasional sehingga harus diangkat, apalagi di tengah pandemi ini. “Makanya, kami melakukan movement, dengan membangun ekosistem UMKM digital, pelatihan, pendampingan, juga bantuan teknis agar UMKM maju dan mendukung pemulihan ekonomi,” ujar Perry, Rabu (3/3) dalam web seminar Pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) Sesi I.
Perry lalu menjabarkan ada 4 hal yang dilakukan oleh bank sentral dan otoritas terkait untuk mendukung KKI dan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dan Berwisata di Indonesia ini. Baca Juga: Kartu ATM lama masih bisa digunakan, bankir tetap upayakan migrasi ke teknologi chip Pertama, menggunakan hastagh atau tagar. Ini mengingat, di dunia digital penggunaan tagar akan membantu peselancar dunia maya untuk mencari topik tertentu. “Di hari ini, kami meluncurkan hastagh eksotisme Lombok. Ada vide-video yang menunjukkan eksotisme Lombok yang tidak hanya pariwisata, UMKM, ada juga budaya lokal, alam untuk wisata, dan produksi,” jelas Perry.