Ini 4 Menteri Jokowi yang Dikabarkan Terkena Reshuffle



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo dikabarkan akan kembali merombak Kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat. Berdasarkan informasi yang beredar, ada empat menteri yang akan diganti atau kena reshuffle Jokowi.

Keempatnya yakni Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, serta Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Baca Juga: Dituding Penyebab Ketua Umum Golkar Mundur, Begini Respons Jokowi


Sejumlah nama dikabarkan akan menggantikan posisi empat orang tersebut. Kader Gerindra Supratman Andi Agtas dikabarkan akan menjadi Menkumham menggantikan pos yang ditinggalkan kader PDI-P.

Bahlil Lahadalia disebut akan menjabat Menteri ESDM menggantikan Arifin Tasrif.

Kemudian, ada pula Raja Juli Antoni yang disebut akan mengisi pos menteri LHK. Terakhir, Roslan P Roeslani dikabarkan akan menggantikan posisi Bahlil sebagai menteri investasi.

Kompas.com telah berusaha mengonfirmasi kabar reshuffle kabinet itu kepada pihak Istana, antara lain kepada Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana serta Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden M Yusuf Permana. Namun, hingga berita ini ditulis, belum ada jawaban dari keduanya.

Baca Juga: Jokowi: Saya Tidak Sempurna, Saya Manusia Biasa, Kesempurnaan Itu Hanya Milik Allah

Sementara itu, Presiden Joko Widodo buka suara terkait kabar reshuffle yang kembali berembus itu. Dalam keterangannya usai meninjau training center PSSI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Presiden menyebut reshuffle bisa saja terjadi jika diperlukan.

"Ya kalau diperlukan. Kalau diperlukan (bisa jadi ada reshuffle)," ujar Jokowi, seperti dilansir siaran YouTube Kompas TV. "Saya kan sudah ngomong dari dulu, kalau diperlukan. Saya (masih) punya hak prerogatif," tegas Jokowi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Dikabarkan Segera "Reshuffle" 4 Menteri ", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/08/13/16213691/jokowi-dikabarkan-segera-reshuffle-4-menteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto