Ini 5 Bahan Pemanis Selain Gula Pasir yang Rendah Glukosa



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketahui daftar bahan pengganti gula pasir yang rendah glukosa. Kini sudah banyak daftar pemanis baik buatan maupun alami yang diklaim memiliki kalori dan glukosa yang rendah.

Pemanis gula merupakan zat atau bahan yang digunakan untuk memberikan rasa manis pada makanan dan minuman sebagai pengganti gula.

Nah, pemanis gula dapat dibagi menjadi dua kategori utama yakni pemanis alami dan pemanis buatan.


1. Pemanis Gula Alami merupakan pemanis alami yang didapatkan secara nabati seperti stevia, erythritol, xylitol, dan lainnya.

Pemanis alami diekstraksi dari tanaman atau bahan alami lainnya dan sering dianggap sebagai alternatif yang lebih sehat karena memiliki sedikit atau tanpa kalori.

Beberapa pemanis alami, seperti stevia, memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, sehingga sering digunakan dalam makanan rendah kalori dan minuman diet.

Baca Juga: 9 Makanan Penurun Gula Darah, Konsumsilah Jika Ada Tanda-Tanda Gula Darah Tinggi

2. Pemanis Gula Buatan merupakan pemanis buatan termasuk aspartam, sukralosa, acesulfam K, neotame, dan lainnya.

Pemanis buatan dibuat secara sintetis melalui proses kimia dan biasanya memiliki rasa manis yang sangat kuat dengan sedikit atau tanpa kalori.

Pemanis buatan sering digunakan dalam makanan dan minuman rendah kalori atau tanpa gula untuk memberikan rasa manis tanpa menambah kalori.

Ada beberapa bahan alami maupun buatan yang dapat menjadi pengganti gula pasir dilansir dari Natures Path.

Baca Juga: Cek Daftar Makanan untuk Defisit Kalori yang Mudah Ditemui

Bahan pemanis selain gula pasir

1. Madu

Madu tidak hanya manis, tetapi dikemas dengan berbagai manfaat kesehatan. Pastikan lidah Anda mendapatkan kecocokan sebelum menggantikan gula dengan madu.

Tentu, dengan mengganti gula pasir dengan madu, Anda juga perlu mengurangi jumlah cairan dalam resep. Keuntungan menggunakan madu sebagai pengganti gula antara lain lebih cepat menjadi cokelat dan lebih lembap.

Madu juga memiliki lebih sedikit kalori dan lebih sedikit fruktosa dan glukosa. Catatan bagi penderita diabetes tetap harus menjaga konsumsi madu tetap rendah seperti gula biasa.

2. Sirup Maple

Sirup maple mengandung sedikit gula, jadi konsumsilah sedikit saja. Konon, ia memiliki nutrisi seperti antioksidan, kalsium, zat besi, dan potasium, dan dapat mengurangi konsumsi gula sekitar 33% dengan menggunakan sirup maple sebagai gantinya.

Tercatat, sirup maple juga lebih ramah terhadap gula darah, dengan indeks glikemik 54 dibanding angka 65 milik gula pasir.

3. Buah-buahan

Buah-buahan seperti pisang, buah ara, dan kurma dapat menjadi tambahan yang bagus untuk diet rendah gula. Saat konsumsi rasa pisang, tubuh akan mendapatkan lebih banyak serat dan potasium dengan opsi ini.

Buah ara dan kurma menyediakan mineral seperti kalsium dan zat besi, dan kismis adalah pengganti gula yang baik. Nah, untuk minuman dingin, bekukan pisang dan tambahkan ke smoothie sebagai pemanis alami.

4. Gula Aren

Gula aren memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah daripada gula biasa, dan berasal dari getah pohon kelapa. Orang dengan diabetes mungkin lebih suka gula biasa karena alasan ini, tetapi jumlah karbohidrat dan kalori keduanya sama.

Anda bisa menaburkan sedikit gula kelapa pada oatmeal atau berondong jagung untuk menambah rasa manis.

5. Molase

Salah satu bahan pengganti gula adalah olahan tetes tebu atau disebut Molase. Meski kurang manis dari gula, Molase sudah mengandung zat besi, kalsium dan vitamin.

Tentu, ini juga memiliki rasa khas yang dapat menyempurnakan beberapa makanan yang dipanggang.

Pemanis pengganti gula dapat membantu mengurangi konsumsi kalori dan gula, serta memungkinkan orang dengan diabetes, untuk menikmati makanan manis tanpa meningkatkan kadar gula darah.

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi pemanis pengganti gula juga harus dilakukan dengan bijaksana dan dalam batas yang wajar.

Demikian informasi terkait bahan pengganti gula pasir yang rendah glukosa sesuai peruntukannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News