Ini 5 Cara Mengatasi Apple ID Tidak Aktif dan Penyebabnya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak penyebab dan cara mengatasi Apple ID tidak aktif. Ada beberapa panduan untuk mengatasi iCloud yang perlu diketahui pengguna perangkat iOS.

Setiap perangkat iOS wajib memiliki akses Apple ID yang didalamnya terdapat iCloud untuk mengintegrasikan keamanan dan penyimpanan pengguna.

Pengguna tentu memerlukan email aktif yang didaftarkan ke server sebagai ID atau identitas pengguna.


Sayangnya, beberapa kasus menyebabkan notifikasi Apple ID tidak aktif. Lalu apa saja penyebabnya?

Baca Juga: Ini 4 Cara Menghubungkan Headphone ke Perangkat Android hingga iPhone

Penyebab Apple ID Tidak Aktif

Ada banyak alasan mengapa iPhone Anda mengatakan, “Apple ID ini tidak aktif” atau “verifikasi gagal, Apple ID ini tidak aktif,” tetapi berikut beberapa alasan untuk memberi gambaran.

  • Akun Dinonaktifkan: Ini adalah salah satu alasan paling umum mengapa Apple menonaktifkan akun Anda, biasanya karena masalah pembayaran dan kesalahpahaman identitas.
  • Apple ID Terkunci: Ini terjadi jika Anda atau orang lain memasukkan kata sandi dan pertanyaan keamanan lainnya secara salah berulang kali, maka Apple dapat mengunci Apple ID Anda, dan Anda tidak akan mendapatkan akses ke layanan apa pun, serta akan menghadapi pesan “verifikasi gagal, Apple ID ini tidak aktif.”
  • Perangkat Bekas: Jika pemilik sebelumnya dari ponsel tersebut belum keluar dari iCloud, Anda akan memerlukan kata sandi pengguna sebelumnya atau meminta mereka untuk keluar dari iCloud untuk menghapus perangkat dari daftar. Jika tidak, Anda mungkin akan mendapatkan pesan kesalahan Apple ID tidak aktif.
Dalam beberapa kasus, Anda mungkin melanggar perjanjian syarat dan ketentuan pengguna yang ditetapkan saat Anda membuat akun dan ID Apple Anda.  Saat ini terjadi, Apple dapat menonaktifkan akun Anda dan membuatnya tidak aktif.

Cara mengatasi Apple ID tidak aktif

Berikut ini beberapa panduan untuk mengatasi Apple ID Tidak Aktif, dilansir dari laman iMobie.

Baca Juga: Ini 5 Aplikasi Video Call di Laptop selain WhatsApp Web yang Mudah Diakses

1. Pakai Fitur Apple iforgot

Apabila Anda menggunakan pertanyaan keamanan dengan Apple ID, atau jika Anda tidak memiliki akses ke perangkat atau nomor telepon tepercaya, Anda dapat mengunjungi iforgot.apple.com.

Setelah itu, Anda dapat membuka kunci akun Apple Anda dengan kata sandi yang ada atau mengatur ulang kata sandi Anda.

2. Pakai Fitur Restart

Saat pengguna menemukan hal yang tidak normal di HP, pengguna mencoba untuk me-restartnya. Tetapi jika Anda mendapat pesan “Apple ID ini tidak aktif” dan “verifikasi gagal, Apple ID ini tidak aktif”, maka ada baiknya mencoba me-restart sebagai solusi cepat.

Untuk me-restart ponsel Apple Anda, Anda perlu menekan lama tombol kunci atau tombol daya pada perangkat Anda hingga Anda melihat opsi “geser untuk mematikan”.

Setelah perangkat benar-benar mati, lepaskan tombol daya. Nyalakan kembali perangkat Anda setelah beberapa saat dan kemudian Anda dapat memeriksa apakah Anda dapat menggunakan Apple ID Anda di iPhone atau tidak.

3. Atur Ulang Kata Sandi Apple ID

Jika Anda tidak ingin menggunakan perangkat lunak pihak ketiga, hal pertama yang dapat Anda lakukan saat Apple ID tidak aktif adalah mengatur ulang kata sandi Apple ID Anda.

Di iPhone/iPad atau Apple Watch Anda, buka pengaturan. Ketuk Apple ID Anda > Kata Sandi & Keamanan > Ubah Kata Sandi.

Anda perlu memasukkan kode sandi perangkat untuk melanjutkan. Ikuti langkah-langkah di layar untuk mengatur ulang kata sandi Anda.

4. Cek Status Sistem iCloud

Seperti semua perusahaan HP lainnya, Apple rentan terhadap bug dan kesalahan sistem, jadi merupakan ide yang bagus untuk mengunjungi Status Sistem iCloud untuk melihat apakah semua sistem berfungsi dengan baik.

Setelah mengunjungi Status Sistem Apple, Anda akan melihat lingkaran hijau yang berarti sistem berjalan normal dari pihak mereka, dan Anda mengalami masalah dengan perangkat Anda, yang harus Anda tangani sendiri.

Tetapi jika lingkaran berwarna kuning, itu berarti sistem mengalami masalah dari pihak mereka, dan semua pengguna menghadapi masalah seperti ini, dan Anda tidak perlu mengambil tindakan pribadi.

Setelah menyelesaikan semua opsi di atas dan notifikasi “Apple ID ini tidak aktif” dan “verifikasi gagal, Apple ID ini tidak aktif” tetap ada, Ada juga menyarankan Anda untuk menuju ke solusi akhir.

5. Cek Dukungan Apple

Ketika pengguna belum bisa mengatasi masalah notifikasi “Apple ID ini tidak aktif” atau “verifikasi gagal, Apple ID ini tidak aktif”, maka disarankan untuk mengunjungi Apple Store lokal bersama perangkat dan semua kredensial.

Meski ini memakan waktu, Anda bisa mendapatkan bantuan dari Apple Store lokal.

Dari penjelasan di atas, Anda bisa mencoba beberapa langkah agar berhasil kembali masuk ke Apple ID Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News