Ini 5 Jenis Furnitur Kayu Terbaik Untuk Desain Interior Rumah Anda



MOMSMONEY.ID -  Interior kayu di umah Anda bisa membuat rumah memiliki gaya unik tersendiri. Lalu jenis kayu apa yang cocok dijadikan desain interior rumah Anda?

Melansir Magic Bricks, furnitur kayu dapat mengubah tampilan dengan sempurna. Mulai dari tampilan kuno hingga kontemporer. Kayu cukup memiliki nilai seni yang tinggi dan klasik untuk rumah. 

Lalu, apa saja jenis kayu yang cocok dijadikan furnitur desain interior rumah Anda?


Baca Juga: Ini Benda yang Harus Dihilangkan Untuk Membuat Dapur Minimalis

1. Kayu Jati

Kayu Jati diketahui sebagai jenis kayu terbaik. Kayu jati memiliki sifat yang tahan api secara alami dan memiliki daya tahan yang kuat. Furnitur yang terbuat dari kayu jati memiliki pola butiran yang memesona. 

Lembut saat disentuh dan memiliki warna cokelat yang kaya setelah dipoles, dibandingkan dengan kayu lapis (plywood) membuat kayu jati menjadi jenis kayu termahal. Kayu jati ini memberikan kesan modern pada desain interior rumah Anda.

Selain itu jenis kayu jati ini anti hama, sehingga sulit dihancurkan oleh semut dan serangga lain. Bahkan kayu ini sangat tahan dengan perubahan cuaca sehingga kayu jati cocok digunakan furnitur di luar ruangan. 

2. Kayu Rosewood atau Kayu Sonokeling

Jenis kayu ini memiliki sentuhan berbutir baik dan terfragmentasi. Jenis kayu ini biasanya memiliki banyak ukuran dan digunakan untuk menciptakan ornamen unik dan digunakan untuk lemari. Jenis kay ini juga digunakan untuk perangkat menghitung matematika, furnitur kamar mandi dan alat musik. 

3. Kayu Satin India

Kayu Satin adalah jenis kayu yang kuat dan tahan lama. Setelah di poles, kayu ini akan berkilau. Biasanya kayu satin digunakan untuk meletakan lantai kayu. Nah, kayu satin sangat mudah terlihat usang seiring berjalannya waktu. Sehingga perlu dilakukan pemolesan rutin dengan hati-hati. Biasanya kayu satin ini digunakan untuk meja kopi dan lemari.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Sederet Penyebab Ruam Payudara pada Wanita

4. Kayu Sal

Kayu sal adalah jenis kayu yang hanya tumbuh di bagian utara negara India yaitu Uttar Pradesh, Mashya Pradesh, Bihar dan Andhra Pradesh. Secara populer, jenis kayu ini digunakan untuk membuat alat musik dan lantai berkat sifatnya yang sangat kuat. Jenis kayu ini juga anti jamur dan anti hama. Kayu ini biasanya digunakan untuk membuat jendela, rak sepatu, sofa dan kayu karena sifatnya yang kuat. 

5. Kayu Marandi

Kayu Marandi atau Kayu Cedar Putih mudah ditemukan di Malaysia dan cukup ringan dibanding jenis kayu lain. Kayu ini juga sangat tahan dengan serangga dan semut sehingga banyak digunakan untuk menghasilkan berbagai jenis karya seni dan aksesoris, peti, laci dan rak kayu. 

Demikian 5 jenis kayu terbaik yang digunakan untuk desain interior rumah Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta