Ini 5 Lokasi yang Dikunjungi Paus Fransiskus selama di Jakarta



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Paus Fransiskus baru saja tiba di Indonesia dalam kunjungan apostolik ke Asia hari ini, Selasa (3/9/2024).

Pemimpin Gereja Katolik Dunia itu sudah terbang dari Bandara Internasional Leonardo da Vinci atau Roma Fiumicino menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta menggunakan pesawat komersil pada Senin (2/9/2024) sore waktu Italia.

Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia itu bakal berlangsung selama 3-6 September 2024, sebelum nantinya bertolak ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura. Rangkaian perjalanan apostolik di Asia dan Pasifik itu rencananya selesai pada 13 September 2024.


Dikutip dari Vatican, Paus Fransiskus dijadwalkan berkunjung ke beberapa tempat selama kunjungannya di Indonesia pada 3-6 September 2024. Ia juga akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah tokoh penting lainnya.

Baca Juga: Tiba Di Jakarta, Ini Rekayasa Lalu Lintas untuk Kegiatan Paus Fransiskus di Jakarta

Berikut tempat yang akan dikunjungi Paus Fransiskus selama di Indonesia:

1. Istana Negara

Sebagai tamu negara, Paus Fransiskus bakal berkunjung ke Istana Negara dan Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (4/9/2024). Sesuai jadwal, Paus akan berada di Istana Negara dan Istana Merdeka selama kurang lebih 1,5 jam untuk melakukan upacara resmi kenegaraan sebagai simbol kunjungan diterima oleh Jokowi.

Dikutip dari Kompas.id, setelah dari Istana Merdeka, Paus Fransiskus akan diajak menandatangani Buku Tamu di Ruang Kredensial, Istana Merdeka dan melakukan pertemuan bilateral hingga konferensi pers. Dari Istana Merdeka, Jakarta, Paus Fransiskus diantar dengan mobil golf menuju Istana Negara untuk bertemu dengan korps diplomatik yang berada di Indonesia dan sejumlah tokoh sipil serta lainnya.

2. Nunsiatur Apostolik

Menurut jadwal kunjungan Paus Fransiskus dari Vatikan, Pemimpin Gereja Katolik Dunia itu juga bakal mengunjungi Nunsiatur Apostolik atau Kedutaan Besar Vatikan di Indonesia pada Rabu (4/9/2024).

Di sana, Paus Fransiskus akan bertemu dengan anggota Serikat Jesus Indonesia. Pertemuan itu disebut merupakan pertemuan pribadi selama kurang lebih 5 jam.

3. Gereja Katedral Jakarta

Pada Rabu (4/9/2024) sore, Paus Fransiskus akan berkunjung ke Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga, Jakarta. Di lokasi itu, Paus Fransiskus bakal mengadakan pertemuan dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, dan katekis. Diperkirakan akan ada 1.300 uskup, imam, biarawan, dan biarawati yang akan hadir dalam audiensi di Katedral Jakarta tersebut.

Baca Juga: Tiba di Jakarta, Paus Fransiskus Memulai Perjalanan Apostolik ke Asia dan Oseania

4. Grha Pemuda

Paus Fransiskus juga diagendakan bertandang ke Grha Pemuda, kompleks Gereja Katedral, Jakarta setelah dari Katedral Jakarta. Di Grha Pemuda, ia akan bertemu dengan para pemuda dan kelompok difabel.

Grha Pemuda merupakan lokasi berkumpulnya para pemuda dari berbagai latar belakang sebelum peristiwa Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Tempat ini menjadi ikon sejarah di Tanah Air.

5. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal menjadi salah satu tempat yang akan dikunjungi Paus Fransiskus pada Kamis (5/9/2024) dalam rangkaian kunjungannya ke Indonesia. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Indonesia dan sudah memiliki standar penerimaan tamu penting. Hampir seluruh kepala negara yang berkunjung ke Indonesia menyempatkan diri untuk berkunjung ke Masjid Istiqlal.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan, Paus Fransiskus akan bertemu dengan pemimpin lintas agama di Masjid Istiqlal. Pertemuan ini bakal menjadi kunjungan sarat makna yang mendalam dan penting bagi Indonesia. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jadwal dan Tempat yang Dikunjungi Paus Fransiskus Selama di Indonesia", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2024/09/03/091500965/jadwal-dan-tempat-yang-dikunjungi-paus-fransiskus-selama-di-indonesia.  

Selanjutnya: Volvo Akan Rilis Truk Listrik dengan Jarak Tempuh 600 Km

Menarik Dibaca: Zoho Berkolaborasi dengan ITS Surabaya Mengintegrasikan Modul LCNC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih