Ini 5 Manfaat Tersenyum yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh dan Mental



MOMSMONEY.ID - Sudah bukan rahasia bahwa tersenyum punya beragam manfaat untuk kesehatan mental dan kesehatan tubuh.

Tersenyum dianggap sebagai salah satu terapi untuk menjaga kesehatan mental dan tubuh.

Ada beragam manfaat tersenyum yang tak banyak disadari oleh kebanyakan orang bagi kesehatan mental dan tubuh.


Jika ingin tahu, yuk, simak beragam manfaat tersenyum berikut ini.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Meditasi Lebih Nyaman Bagi Pemula

Meredakan stres

Bukan rahasia lagi ya, jika tersenyum bisa membantu meredakan stres. Stres yang bisa terlihat dari wajah dan ekspresi pun dapat dihilangkan lebih mudah dengan tersenyum.

Selain membantu meredakan stres, tersenyum juga bisa mencegah tampilan lelah, capek, dan sedih di wajah. Cobalah tersenyum meski tengah menghadapi badmood atau kesedihan, maka dijamin Anda akan merasa stres pun berkurang.

Meningkatkan mood

Menurut laman Very Well Mind, senyuman sederhana dapat memicu pelepasan neuropeptida yang meningkatkan komunikasi saraf. Hal ini menyebabkan pelepasan neurotransmitter seperti dopamin dan serotonin, yang dapat meningkatkan mood.

Aktivitas tersenyum mengaktifkan jalur di otak yang mempengaruhi keadaan emosi dan dapat "mengelabui" pikiran agar memasuki keadaan bahagia.

Baca Juga: 4 Manfaat Rutin Menulis Jurnal Diary Buat Kesehatan Mental dan Pikiran

Meningkatkan imun tubuh

Manfaat lain dari tersenyum adalah bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Ketika tersenyum, fungsi kekebalan tubuh meningkat karena Anda menjadi lebih rileks.

Selain itu saat fungsi kekebalan tubuh meningkat, maka tubuh dapat lebih muda menangkal penyakit dan tetap sehat selama musim pancaroba dan saat stres menumpuk.

Panjang umur

Keuntungan tersenyum yang satu ini diperoleh dari sebuah penelitian. Menurut Harvard Health Publishing dari Harvard Medical School, optimisme yang dikaitkan dengan senyuman, diasosiasikan dengan rendahnya risiko kematian dini akibat kanker dan infeksi.

Hal tersebut ditunjang dengan penelitian di jurnal peer-review Proceedings of the National Academy of Science, bahwa orang yang memiliki tingkat optimisme yang lebih tinggi memiliki masa hidup yang lebih panjang.

Penelitian tersebut mencakup data dari dua studi populasi besar yang berjumlah 71.400 orang dan menemukan bahwa pria dan wanita yang optimis menunjukkan umur panjang yang luar biasa, yaitu bertahan hidup hingga usia 85 tahun.

Lebih menarik

Manusia secara alami tertarik pada orang yang ramah dan mudah tersenyum. Bahkan orang orang asing mungkin menganggap Anda memiliki kepribadian positif jika Anda tersenyum.

Tersenyum tidak hanya membuat lebih menarik, tetapi juga membuat seseorang terlihat lebih muda. Otot yang digunakan untuk tersenyum mampu mengangkat wajah sehingga membuat seseorang tampak lebih muda.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat tersenyum yang ternyata baik untuk kesehatan mental dan fisik.

Selanjutnya: Perpanjang SIM Sebelum Akhir September Di SIM Keliling Jakarta Hari Ini 24/9/2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia