Ini 5 Mobil Listrik Bikinan Toyota yang Siap Mengaspal di Indonesia



KONTAN.CO.ID - Untuk mencapai target Toyota Environmental Challenge 2050, hingga saat ini Toyota terus melakukan riset dan pengembangan kendaraan elektrifikasi.

Langkah paling nyata yang dilakukan Toyota adalah melengkapi seluruh line-up produk Toyota dengan pilihan HEV sambil terus mengembangkan dan memasarkan secara global model PHEV. FCEV, dan BEV yang disesuaikan dengan tren serta kebutuhan yang berkembang di setiap negara.

Berikut adalah kendaraan-kendaraan elektrifikasi yang dikembangkan oleh Toyota.

Toyota Alphard HEV

Bicara soal tampilan luar, ia tetap semegah dan semewah model Aplhard lain dengan gril modifikasi dan profil bodi yang gagah.

Demikian juga interiornya, mobil satu ini memiliki level kemewahan dan kenyamanan paripurna.

Mesin yang digunakan ialah tipe 2AR-FXE, 4 silinder segaris, 16-velve, DOHC, VVT-i dengan kapasitas 2.494 cc.

Unit ini dinilai mampu memberikan tenaga hingga 152 ps pada 5.700 rpm dan torsi 21 kgm pada 4.400-4.8-- rpm.

Selain itu, Toyota Alphard HEV memiliki dua pasang motor listrik di roda depan dan belakang.

Prinsip kerjanya seperti gerak 4 roda dan sangat bermanfaat ketika mobil baru melaju atau butuh tambahan daya.

Tenaga dan torsi listriknya pun maksimal di roda depan sebesar 143 ps dan 27,5 kgm, dan roda belakang sebesar 68 ps dan 142 kgm.

Distribusi daya ini diatur sedemikian rupa agar dapat mendorong MPV bongsor ini dengan daya paling efisien.

Toyota Camry HEV

Toyota Camry HEV merupakan generasi ke-8 Toyota Camry sejak generasi pertamanya diluncurkan pada tahun 1982.

Didesain sebagai sedan mewah, Camry menawarkan tampilan luar yang mewah serta kenyamanan paripurna yang dibalut interior berkelas.

Selain itu, Toyota juga memasang mesin A25A-FXS dengan teknologi hybrid generasi keempat.

Dijuluki sebagai King of Sedan, Toyota Camry menggunakan mesin berkapasitas 2.494 cc empat silinder. Mirip dengan Alphard HEV, namun lebih canggih dan tanpa teknologi gerak 4 roda.

Mesin ini mampu mengantarkan tenaga 178 ps pada 5.700 rpm dan torsinya tinggi untuk ukuran sebuah sedan, yakni 22,5 kgm pada 3.500 sampai 5.200 rpm.

Menggunakan teknologi terkini seperti Head up Display (HUD), Camry HEV merupakan model hybrid Toyota paling laris di Indonesia.

Toyota C-HR HEV

Toyota C-HR HEV memberikan pilihan baru pada para penggemar kendaraan SUV berbasis crossover yang keren, namun juga memliki kepedulian pada lingkungan.

Kali ini C-HR Hybrid tampil lebih stylish ketimbang model reguler, yakni dengan adanya ubahan pada desin pelek, lampu utama, dan rear combi lamp.

Pengusung konsep Againts Stereotype ini menggunakan mesin 2ZR-FXE dengan power 100 ps, dikombinasi motor listrik dengan power 36 ps.

C-HR Hybrid pun diakui lebih efisien dibanding varian konvensional dengan emisi CO2-nya yang lebih rendah.

Mengandalkan sasis TNGA, C-HR HEV ini memiliki fitur keamanan, kenyamanan, kenikmatan berkendara yang lengkap dan memastikan pemiliknya memperoleh pengalaman berada di balik kemudi yang mengesankan.

Toyota Corolla Altis HEV

Sebagai informasi, sedan premium ini menjadi anggota keluarga paling akhir yang memiliki pilihan model hybrid. Unit dengan kode 2ZR-FXE ini berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i.

Mesin ini diketahui sanggup menghasilkan daya sebesar 95 ps pada 5.200 rpm dan torsi sebesar 14,47 kgm pada 4.000 rpm.

Motor listriknya pun mampu menghasilkan daya sebesar 72 ps dan torsi sebesar 16,62 kgm.

Hybrid Synergy Drive (HSD) milik Corolla Altis HEV dapat menyajikan konsumsi bensin yang efisien, kontrol yang intuitif dan halus, namun tidak melupakan performa yang mendebarkan.

Untuk memberikan pengemudi opsi karakter berkendara, tersedia pula 4 driving mode yang bisa dipilih.

Terdiri atas NORMAL, ECO, SPORT, dan EV mode. Pilihan mode berkendara tersebut juga tersedia di seluruh model HEV Toyota.

All New Corolla Altis HEV ini juga merupakan model pertama Toyota di Indonesia dengan fitur-fitur keselamatan yang lengkap dan canggih dari Toyota Safety Sense (TSS) yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert LDA), serta Automatic High Beam (AHB).

Didasarkan kemajuan teknologi saat ini, TSS adalah platform terbaru Toyota dalam menghadirkan fitur-fitur keselamatan berkendara dengan level tertinggi bagi pengembangan produk-produknya ke depan.

Toyota Prius Gen-4

Secara global, pionir kendaraan elektrifikasi Toyota ini meluncurkan generasi ke-4 yang mengadopsi sasis Toyota New Global Architecture (TNGA) tahun 2015 lalu.

Di Indonesia, Prius Gen-4 diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 dan dijual spot order.

Menggunakan mesin 1.797 cc 4 silinder DOHC dengan teknologi VVT-i, mampu menghasilkan tenaga 98 ps pada 5.200 rpm an torsi 14,5 kgm pada 3.600 rpm.

Motor listrik yang dipakai mampu menghasilkan tenaga 72 ps dan torsi 16,6 kgm. Secara sistem, tenaga total yang dimiliki adalah 122 ps.

Pengujian oleh Toyota Jepang mencatat konsumsi BBM lebih irit dari generasi sebelumnya, termasuk pula emisi gas buang CO2 yang semakin baik.

Mengadopsi sasi TNGA, Prius menawarkan kenikmatan, keamanan, dan kenyamanan berkendara dalam paket mobil ramah lingkungan khas Toyota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ridwal Prima Gozal