Ini 6 Cara Mengatasi Mata Lelah Melihat Layar Perangkat



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak beberapa cara mengatasi mata lelah melihat layar. Masalah penglihatan yang tidak nyaman tentu dapat terjadi pada siapa saja.

Mata lelah yang disebabkan oleh penggunaan layar hp dan laptop secara intensif tentu bisa timbul di kalangan pekerja.

Masalah ini bisa dikenal dengan istilah "Computer Vision Syndrome" atau sindrom penglihatan komputer.


Adapun, banyak penyebab Anda bisa menderita mata lelah yang bisa diminimalkan dengan mudah.

Baca Juga: Tanda-Tanda Kolesterol Di Usia Muda, Ini Makanan untuk Penderita Kolesterol

Penyebab mata lelah melihat layar

Simak beberapa penyebab mata lelah melihat layar perangkat:

  • Paparan cahaya biru: Layar hp dan laptop menghasilkan cahaya biru yang dapat menyebabkan kelelahan mata. Paparan terlalu lama dan terlalu dekat dengan cahaya biru ini dapat mengganggu keseimbangan visual dan menyebabkan ketegangan pada mata.
  • Tegangan mata: Fokus terus-menerus pada layar yang dekat dan kecil dapat menyebabkan ketegangan pada otot-otot mata, termasuk otot yang mengontrol fokus dan gerakan mata.
  • Kurangnya kedipan: Ketika menggunakan layar hp atau laptop, cenderung kurang berkembang. Ini dapat mengakibatkan mata menjadi kering dan teriritasi.
  • Posisi dan jarak yang tidak ergonomis: Posisi tubuh yang tidak nyaman atau jarak pandang yang terlalu dekat dengan layar dapat menyebabkan ketegangan dan kelelahan mata.
Beberapa cara untuk mengatasi mata lelah akibat penggunaan layar hp dan laptop dilansir dari Healthline.

Baca Juga: Hipertensi Biasanya Baru Terdeteksi Setelah Menyerang Organ Lain, Ini 12 Gejalanya

Cara mengatasi mata lelah melihat layar

1. Istirahatkan mata secara teratur

Untuk mengurangi masalah mata lelah, Anda bisa istirahat mata setiap 20-30 menit dengan melihat objek yang jauh selama beberapa detik. Langkah ini membantu merilekskan otot mata dan mengurangi ketegangan.

2. Atur pencahayaan ruangan

Pastikan ruangan tempat menggunakan perangkat hp atau laptop memiliki pencahayaan yang cukup. Hindari terlalu banyak cahaya yang mengarah langsung ke layar untuk mengurangi kelelahan mata.

Selain itu, pencahayaan yang baik dapat diketahui menggunakan media kamera laptop yakni melihat wajah sudah terlihat dengan jelas atau tidak.

3. Ubah posisi dan jarak pandang

Anda juga bisa pastikan posisi duduk dan jarak pandang terhadap layar nyaman dan ergonomis. Pastikan layar berada pada ketinggian mata yang tepat dan jaga jarak pandang yang cukup untuk mengurangi ketegangan mata.

4. Gunakan aturan 20-20-20

Aturan ini cukup efektif untuk mengurangi masalah mata lelah melihat layar perangkat. Ini artinya setiap 20 menit, arahkan pandangan ke objek yang berjarak sekitar 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.

Hal ini membantu mengurangi kelelahan mata dan memulihkan fokus visual agar mata juga sehat.

5. Gunakan penyangga mata

Gunakan tetes mata buatan atau penyangga mata yang direkomendasikan oleh dokter mata untuk membantu menjaga kelembaban mata dan mencegah kekeringan.

6. Kenakan kacamata khusus

Untuk penggunaan yang intensif, pertimbangkan menggunakan kacamata khusus dengan lensa anti silau atau lensa yang difilter untuk mengurangi paparan cahaya biru.

Selain itu, penting juga untuk menjaga kesehatan mata secara keseluruhan dengan menjaga pola makan yang sehat, cukup tidur, dan menjaga kelembapan udara di sekitar Anda.

Jika gejala mata lelah terus berlanjut atau mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mata.

Demikian informasi terkait cara mengatasi masalah mata lelah melihat layar atau Computer Vision Syndrome.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News