Ini 6 Cara Menggunakan Air Fryer yang Perlu Anda Ketahui!



MOMSMONEY.ID - Yuk simak 6 cara menggunakan air fryer yang perlu Anda ketahui!

Jika Anda baru saja memiliki air fryer, sebaiknya simak cara menggunakan air fryer di bawah ini yuk. Mulai dari cara memasak yang tepat, menyimpan hingga membersihkannya.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Pakaian Kering dengan Mudah


 Jangan mengisi terlalu penuh Air fryer didesain dengan membuat sirkulasi udara di sekitar keranjang tempat Anda meletakan makanan di dalamnya. Jadi jika Anda mengisi terlalu penuh maka kipas di dalamnya tidak mampu mensirkulasikan udara. Sehingga proses pematangan bisa menjadi lebih lambat. 

Sehingga sebaiknya pilih kapasitas air fryer sesuai kebutuhan Anda. Jangan terlalu kecil hingga membuat makanan Anda menutupi komponen pembakar dan membuat makanan mudah gosong atau tidak matang. 

Jangan memasak apapun yang terlalu ringan Air fryer cocok untuk memasak makanan yang rendah lemak, namun jangan memasak makanan yang terlalu kcil atau terlalu rungan. Ini akan membuat sirkulasi udara justru membuat makan Anda berterbangan dan membuat makanan Anda rusak. 

Jika Anda ingin melelehkan keju, nyalakan air fryer tunggu hingga timer selesai. Kemudian masukkan keju saat air fryer masih panas. 

Cuci air fryer dengan tepat Kebanyaka air fryer menggunakan lapisan anti lengket, sehingga And perlu berhati-hato saat mencucinya. Jangan gunakan sikat yang terlalu keras dan kasar. Sebaiknya gunakan spons yang lembut dengan cairan pembersih yang bisa menghilangkan lemak. 

Baca Juga: Ini 8 Tayangan Mendebarkan di Netflix

Letakkan dengan benar di meja Salah satu kesalahan umum adalah terlalu mendorong air fryer ke bagian paling belakang meja. Bukan membiarkannya berada di tengah permukaan meja. 

Air fryer perlu memiliki ruang di bagian belakangnya. Sehingga Anda harus memberi jarak antara air fryer dengan benda lainnya atau dinding untuk sirkulais pembuangan udara panas. 

Jangan lupa kocok makanan Anda Beberapa air fryer diberi pengingat untuk mengook makanan Anda saat sudah setengah matang. Namun jika tidak dilengkapi fitur ini, Anda sebaiknya tetap mengocok makanan Anda. 

Mengocok makanan di tengah proses memasak akan membuat kematangan jadi lebih merata. 

Sesuaikan waktu memasak Anda Air fryer bisa memasak dengan sangat cepat. Namun bukan berarti Anda harus terbiasa menggunakan fitur memasak cepat untuk makanan yang seharusnya dimasak lebih lama. 

Sebagai aturan umum, makanan yang bisa dimasak dengan airfryer membutuhkan waktu 20% lebih cepat dan dapat dimasak 20-30 derajat Celcius lebih rendah dibandingkan oven konvensional. Meskipun tetap saja tergantung pada resep Anda dan air fryer itu sendiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta