MOMSMONEY.ID - Di masa pandemi yang masih berlangsung ini, masih ada sebagian orang yang melakukan pekerjaan dari rumah alias WFH (
work from home). Melakukan WFH memang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Anda memang bisa menghemat pengeluaran untuk biaya transportasi atau makan siang di luar rumah, tapi bekerja di rumah bisa membuat Anda sulit berkonsentrasi atau fokus. Nah, salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menyiapkan area kerja atau
home office yang nyaman. Dengan area kerja yang nyaman, Anda pun bisa lebih fokus pada pekerjaan dan lebih produktif.
Baca Juga: Terapkan 5 Langkah Ini Untuk Mencegah Korsleting Listrik di Rumah Dilansir dari
The Spruce dan
Flexjobs, berikut tips menata area
home office di rumah. Tentukan tempat yang tepat Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tempat yang tepat untuk area kerja atau
home office. Idealnya, Anda sebaiknya memiliki ruang kerja atau area kerja khusus. Namun, jika Anda tidak memiliki tempat seperti itu, cukup manfaatkan area kosong di rumah sebagai area
home office, misalnya di pojok ruangan atau bawah tangga
. Yang penting, Anda merasa nyaman selama bekerja di tempat tersebut. Beri privasi Jika Anda memiliki
home office di ruangan yang terbuka, sebaiknya tambahkan sekat atau partisi di sekeliling area tersebut untuk memberi privasi. Anda pun bisa bekerja dengan lebih fokus karena terhindar dari gangguan yang tidak perlu. Pikirkan penggunaan dengan orang lain Jika Anda tinggal serumah dengan anak atau pasangan yang sama-sama menjalani sekolah atau bekerja dari rumah, maka ada kemungkinan mereka akan membutuhkan area yang mendukung untuk belajar dan bekerja. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda menyiapkan
home office yang bisa digunakan oleh dua orang sekaligus. Pastikan areanya cukup nyaman untuk digunakan dua orang, sehingga Anda tidak perlu berdesakan dengan orang lain.
Baca Juga: Nomor Token yang Dibeli Hilang? Ini Cara Mengetahuinya Kembali Gunakan meja dan kursi yang nyaman Meja dan kursi merupakan furnitur yang penting untuk mendukung kelancaran WFH. Jadi, pilihlah meja dan kursi dengan kualitas terbaik untuk area
home office Anda. Pilihlah meja dengan luas permukaan yang cukup lebar untuk menampung pekerjaan Anda, serta memiliki ketinggian yang nyaman. Lalu, pilih kursi dengan fitur ergonomis yang dapat menopang tubuh Anda dengan lebih baik.
Baca Juga: 4 Tips Mengombinasikan Warna Cat Dinding, Interior Rumah Jadi Menawan! Gunakan tempat penyimpanan khusus Sama dengan bekerja di kantor, bekerja di rumah juga menghasilkan banyak dokumen dan
file-file yang menumpuk. Jika dibiarkan begitu saja, tumpukan dokumen ini bisa membuat area
home office Anda berantakan. Untuk menjaga kerapian area
home office, Anda bisa menyiapkan boks atau kontainer khusus untuk menyimpan berkas-berkas atau dokumen tersebut. Letakkan boks tersebut di tempat yang mudah dijangkau sehingga memudahkan Anda saat membutuhkannya.
Optimalkan pencahayaan Terakhir, Anda perlu memperhatikan aspek pencahayaan di area
home office supaya kegiatan WFH semakin nyaman. Faktanya, pencahayaan yang minim dapat membuat mata Anda bekerja lebih keras sehingga mudah lelah dan menurunkan produktivitas. Jika memungkinkan, tempatkan
home office di area yang mendapatkan banyak pencahayaan alami. Jika tidak, tambahkan lampu secukupnya sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya lampu meja atau lampu dinding yang simpel. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Kania Paramahita