Ini 6 Makanan yang Aman Dikonsumsi Setelah Muntah atau Vomitus



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar makanan yang dikonsumsi setelah muntah atau vomitus. Rasa mual menjadi salah satu penyebab tubuh mengeluarkan isi dari lambung.

Muntah merupakan respons tubuh terhadap berbagai masalah kesehatan, dan gejalanya dapat bervariasi tergantung pada penyebabnya.

Penyebab muntah pada anak bisa bermacam-macam, seperti infeksi saluran pencernaan, penyakit tertentu, reaksi alergi, makanan yang tidak cocok, atau masalah pencernaan lainnya.


Penting untuk mengidentifikasi penyebab muntah untuk pengobatan yang tepat.

Baca Juga: Ini 7 Penyebab Tensi Tinggi yang Perlu Diwaspadai dan Cara Menurunkannya

Gejala muntah pada anak dan orang dewasa bisa mencakup:

  • Keluarnya Isi Lambung: Anak muntah dengan melepaskan isi lambung ke luar melalui mulut.
  • Mual: Sebelum muntah, anak mungkin merasa mual, tidak nyaman, atau gelisah.
  • Warna dan Bau: Warna dan bau muntah dapat bervariasi tergantung pada apa yang telah dimakan atau penyebab muntah. Biasanya, muntah berwarna makanan yang dimakan sebelumnya.
  • Frekuensi: Anak bisa muntah sekali atau beberapa kali berturut-turut.
  • Dehidrasi: Muntah berulang dapat menyebabkan dehidrasi, yang ditandai dengan gejala seperti mulut kering, bibir kering, penurunan produksi urin, dan penurunan nafsu makan.
  • Demam: Terkadang, muntah dapat disertai demam, yang mungkin merupakan gejala infeksi.
  • Diare: Kadang-kadang, muntah dapat disertai diare, terutama jika penyebabnya adalah infeksi saluran pencernaan.
Untuk meredakan rasa mual dan mengembalikan energi, ada beberapa rekomendasi makanan yang dikonsumsi setelah muntah atau vomitus.

Simak daftar makanan yang dikonsumsi setelah muntah atau vomitus dilansir dari laman Now Patient.

Baca Juga: Ragam Faktor Penyebab Perut Sering Kembung dan Cara Tepat Mengatasinya

Makanan yang dikonsumsi setelah muntah

1. Buah Pisang

Pisang adalah makanan yang enak untuk dimakan setelah muntah karena kandungan potasium dan kalorinya yang tinggi. Mereka juga lembut di perut dan mudah dicerna.

Selain itu, pisang mengandung gula alami yang membantu mengisi kembali tingkat energi.  Anda bisa memakannya utuh atau mencampurkannya ke dalam smoothie untuk pilihan yang lebih enak.

2. Kaldu ayam

Makanan enak lainnya untuk dimakan setelah muntah adalah kaldu ayam. Mudah dicerna dan dapat membantu menggantikan cairan yang hilang saat muntah.

Nah, kaldu ayam mengandung elektrolit seperti natrium dan kalium yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

3. Roti panggang

Roti panggang merupakan makanan yang sangat baik untuk disantap setelah muntah karena rasanya yang hambar dan kemampuannya menyerap asam lambung berlebih.

Anda bisa konsumsi roti panggang putih polos tanpa topping atau olesan apa pun untuk menghindari potensi iritasi lambung.

4. Biskuit ringan

Makanan ringan seperti biskuit beras adalah pilihan yang baik untuk dimakan setelah muntah. Makanan ini mudah dicerna dan dapat membantu menyerap kelebihan asam lambung.

Biskuit asin sangat efektif karena kandungan garamnya yang tinggi, yang dapat membantu merangsang rasa haus akan air.

5. Protein Tanpa Lemak

Setelah perut Anda tenang setelah muntah, penting untuk mengisi bahan bakar tubuh Anda dengan protein tanpa lemak. Makanan seperti ayam, ikan, telur, atau tahu adalah pilihan yang bagus.

Makanan ini memiliki keuntungan tambahan karena rendah lemak dan mudah dicerna, menjadikannya sempurna untuk mengisi bahan bakar tubuh Anda setelah muntah. Anda juga dapat memilih alternatif nabati seperti lentil atau kacang-kacangan, yang merupakan sumber protein dan nutrisi penting lainnya.

6. Makanan kaya vitamin

Peristiwa muntah dapat menyebabkan tubuh Anda kehilangan vitamin penting yang penting untuk berfungsinya tubuh Anda. Ini bisa berupa vitamin seperti B Kompleks dan vitamin C, atau elektrolit seperti natrium dan kalium.

Oleh karena itu, setelah muntah, sangat penting untuk mengisi kembali vitamin yang hilang dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran atau mengonsumsi suplemen.

Makanan seperti buah beri, bayam, pisang, atau ubi merupakan sumber vitamin dan mineral yang dapat mengisi kembali tubuh setelah muntah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News