KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak 6 perusahaan besar di Indonesia yang dinobatkan sebagai Company Entrepreneurial Marketing Awards (CEMA). Penghargaan tersebut berasal dari acara The 8th ASEAN Marketing Summit yang berlangsung pada 7-8 Desember 2022. Keenam perusahaan itu dianggap mampu menunjukkan “Entrepreneurial Marketing Spirit”, serta memberikan dampak yang signifikan pada kinerja bisnis perusahaan mereka maupun masyarakat pada umumnya. Indikator lain pada penghargaan ini yaitu perusahaan yang mampu menyeimbangkan empat aspek pada konsep CIEL yang terdiri dari Creativity, Innovation, Entrepreneurship dan Leadership selama pandemi dalam lingkup ASEAN dan global.
Enam perusahaan tersebut adalah PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Pos Indonesia (Persero), PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Toyota-Astra Motor, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Pertamina (Persero).
Baca Juga: Besok (12/12), KAI Berikan Potongan Harga untuk 16.000 Tiket Keberhasil KAI mendapat penghargaan itu terjadi setelag perusahaan mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 58% serta laba yang melonjak lebih dari 250% pada kuartal II-tahun 2022. KAI dianggap mampu pulih dari kerugian dengan melakukan beberapa inisiatif, antara lain strategi transformasi digital melalui aplikasi KAI Akses, dan kerjasama dengan berbagai pihak seperti Transjakarta dan Beijing Yawan HSR Co. Ltd. untuk mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060. Selanjutnya ada Bank Negara Indonesia mencapai yang pertumbuhan pendapatan menjadi Rp 37,9 triliun pada kuartal II-2022. Kinerja ini didukung oleh berbagai inisiatif, seperti diaspora saving yang memudahkan diaspora di seluruh dunia untuk menjadi nasabah potensial, BNI Go Digital, dan BNI KUR yang bersinergi dengan pemerintah dalam memberdayakan sektor UMKM. Di kancah global, BNI mendukung gelaran Mandalika World Superbike 2022. Sementara, Pos Indonesia mencatat laba naik hampir 50% pada kuartal II-2022. Beberapa inisiatif Pos Indonesia termasuk transformasi digital dalam bentuk Pospay, Pospay Syariah, dan kerjasama dengan berbagai pihak, seperti dengan PT Inka Multi Solusi Service (IMSS) dalam mempercepat proses pengiriman barang ke luar negeri untuk mendukung logistik kepentingan terkait G20 di Bali. Bank Syariah Indonesia (BSI) juga membukukan pertumbuhan pendapatan dan laba sebesar 7,78% dan 41% di kuartal II-2022. Kinerja tersebut didukung oleh berbagai inisiatif BSI, antara lain kemitraan dengan Grab serta Riyad Bank menjadi mitra strategis dalam mengembangkan bisnis di Arab Saudi. Selain itu, BSI telah memulai ekspansi bisnisnya dengan membuka BSI Representative Office di Dubai. Kehadiran BSI di Dubai juga merupakan babak baru dalam sejarah pasar sektor keuangan nasional ekspansi di Timur Tengah.
Baca Juga: Penjualan BBM Non Subsidi Anjlok di 2022, Menteri ESDM Jelaskan Penyebabnya Toyota-Astra Motor mencatatkan produksi hampir 500.000 unit kendaraan dengan pangsa pasar 41,6% dibandingkan seluruh merek kendaraan di Indonesia pada Oktober 2022. Peningkatan permintaan ini didukung oleh inovasi seperti Toyota Official Store Solution (TOSS) dan produksi kendaraan listrik.
Toyota-Astra Motor memperkenalkan Kijang Innova Elektrik di IIMS Hybrid 2022, mobil merek nasional pertama yang dirancang menggunakan listrik sebagai tenaga penggerak (engine power). Pertamina bertekad mencapai Net Zero Emission pada 2060. Pada 2021 saja, Pertamina mampu mengurangi emisi sebesar 29,09% dalam emisi non-rutin dari proses yang digunakan untuk pasokan bahan bakar dan gas. Saat ini, Pertamina telah mengoperasikan 300 kapal tanker sehingga Pertamina semakin yakin untuk mampu menguasai pasar ASEAN pada 2023. Selanjutnya, Pertamina juga berencana membuka beberapa kantor cabang di Dubai, Inggris, dan beberapa negara lain untuk memahami kebutuhan pelanggan di sekitarnya. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Anna Suci Perwitasari