Ini 9 Cara Mendapatkan Perut Rata dengan Efektif dan Anti Gagal



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak aturan mendapatkan perut datar atau tidak bergelambir. Tingkat lemak tubuh yang rendah dan otot perut yang terlihat bisa menyebabkan kondisi tertentu.

Kondisi ini biasanya diinginkan oleh banyak orang karena dianggap sebagai tanda kebugaran dan kesehatan. Untuk mencapai perut rata, sejumlah faktor dapat berperan, termasuk diet sehat, olahraga teratur, dan genetika.

Diet sehat memainkan peran penting dalam mencapai perut rata dengan mengelola asupan kalori dan menjaga kadar lemak tubuh dalam kisaran yang sehat.


Makanan bergizi, seimbang, dan rendah lemak membantu mengontrol berat badan dan mengecilkan lapisan lemak di sekitar perut.

Baca Juga: Cukup Direbus Saja, Ini 3 Daun yang Berkhasiat Obati Asam Lambung

Aturan mencapai perut rata

Pentingnya memilih olahraga, khususnya latihan yang melibatkan otot perut seperti sit-up, plank, atau crunches, dapat membentuk dan menguatkan otot-otot perut, memberikan tampilan perut yang lebih rata.

Latihan kardiovaskular juga membantu membakar kalori dan mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan. Genetika juga dapat memainkan peran dalam penampilan perut seseorang.

Beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetika untuk menyimpan lemak di daerah perut, sementara yang lain mungkin cenderung memiliki distribusi lemak yang lebih merata di seluruh tubuh.

Untuk itu, Anda perlu mengikuti panduan di bawah ini untuk mendapatkan hasil perut rata yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini tips dan petunjuk yang dirangkum lewat laman Web MD.

Baca Juga: Catat 6 Cara Mengatasi Perut Kembung yang Mudah Dilakukan

1. Makan dalam Porsi Kecil Lebih Sering

Dalam mempertahankan metabolisme aktif sepanjang hari dapat dicapai dengan makan lebih sering namun dalam porsi lebih kecil. Melakukan ini sebanyak lima hingga enam kali sehari tak hanya mencegah rasa lapar berlebihan, tetapi juga menjaga asupan makanan yang sehat untuk menyediakan energi yang cukup.

Ini mencegah tubuh dari mode "kelaparan", yang seringkali memicu penyimpanan lemak.

2. Perhatikan Keseimbangan Makronutrien

Awasi asupan makronutrien seperti karbohidrat, lemak, dan protein adalah langkah penting. Disarankan untuk mengurangi karbohidrat berlebih yang dapat memengaruhi fluktuasi gula darah dan memicu penumpukan lemak. Sebaliknya, meningkatkan protein dan lemak sehat bisa membantu merasa kenyang lebih lama.

3. Pilih Karbohidrat Sehat

Karbohidrat sederhana seperti gula rafinasi dan roti putih dapat meningkatkan gula darah dan menambah lemak. Sebaiknya pilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, dan kentang manis untuk menurunkan lemak dan mencegah kembung.

4. Tetap Terhidrasi

Konsumsi air yang cukup sangat penting. Mengonsumsi terlalu banyak sodium dengan asupan air yang minim seringkali memicu retensi air. Minum cukup air dapat membantu sistem pencernaan, mengurangi sembelit, serta membuat tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan makan berlebih.

5. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Serat dari buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian membantu mempertahankan rasa kenyang sepanjang hari dan mendukung kesehatan pencernaan. Serat larut seperti yang terdapat pada kacang hitam, lentil, dan oat juga berperan dalam mencegah rasa lapar berlebih.

6. Pilih Sumber Protein Rendah Lemak

Protein rendah lemak tidak hanya membantu mengurangi rasa lapar, tetapi juga memberikan bahan baku penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot. Sumber protein berkualitas seperti ayam, telur, dan susu bisa dimasukkan ke dalam pola makan.

7. Konsumsi Lemak Sehat

Konsumsi lemak sehat tetap penting meskipun tujuan Anda adalah menurunkan lemak tubuh. Hindari lemak yang diproses, dan pilih lemak dari sumber alami seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan.

8. Kurangi Minuman Tinggi Kalori

Minuman manis dan berkalori tinggi seperti soda dan jus dapat menambah banyak kalori ke dalam diet tanpa disadari. Sebaiknya ganti dengan air putih, atau tambahkan potongan buah seperti lemon atau daun mint untuk rasa segar.

9. Pantau Asupan Kalori dan Nutrisi

Memantau asupan makanan dan minuman Anda setiap hari bisa membantu meningkatkan kesadaran akan konsumsi kalori dan nutrisi. Anda dapat menggunakan aplikasi pelacakan makanan akan memudahkan Anda dalam mengelola asupan kalori serta memastikan keseimbangan nutrisi yang tepat.

Bahan-bahan umum yang bisa menjadi penyebab antara lain gluten, telur, dan produk susu. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk uji alergi atau penasihat gizi untuk mendapatkan rekomendasi menu sehat dan lezat.

Itulah penjelasan terkait bagaimana mendapatkan perut rata agar berhasil dengan panduan konsisten berikut.

Selanjutnya: Produk Kriya Nasabah PNM Jadi Incaran Pelanggan INACRAFT 2024

Menarik Dibaca: 4 Sosok Hantu Legendaris Ini Sering Muncul di Drama Korea

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News