Ini aktivitas istri pemimpin negara APEC di Bali



JAKARTA. Para istri kepala negara dan pemerintahan peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC di Bali, ternyata memiliki aktivitas yang tidak kalah menarik dengan sang suami.

Pasalnya, Senin ini (7/10), para istri pemimpin APEC tersebut melakukan perjalanan ke pusat kebudayaan Bali. Acara ini diberi tema "Perjalanan ke Jantung Bali" atau Journey to The Heart of Bali. Para istri kepala pemerintahan ini diajak oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono dan Istri Wapres Herawati Boediono dalam acara spouse program di Bali Safari & Maritime Park, Kabupaten Gianjar, Bali, pada pukul 10.00 WITA.

Seperti dikutip dari situs kepresidenan, Senin (7/10), mereka bersama Ibu Negara tersebut mengenakan sendeng, selendang khas Bali di pinggang yang berwarna ungu. Ani Yudhoyono sendiri mengenakan kebaya warna ungu saat menyambut para istri pemimpin APEC tersebut. Ani memimpin mereka untuk menuju Bali Terminal.


Di sana mereka dapat melihat aktivitas perempuan Bali dalam mempersiapkan upacara tradisional dan berlangsungnya upacara adat Bali.

Setelah itu, mereka menuju Barong Lobby dan disambut tarian Baris Manggala. Di sini, juga dipertunjukkan demonstrasi pembuatan wayang dan topeng Bali.

Perjalanan dilanjutkan ke Tirta Sulasih Area untuk menyaksikan Melukat, yaitu upacara penyucian diri. Setelah melakukan sesi foto bersama di Candi Bentar, Ani Yudhoyono dan rombongan menuju pasar traditional Bali. Di pasar ini mereka dapat melihat proses pembuatan layangan, lukisan, serta perempuan dan anak-anak yang sedang belajar menari dan memainkan musik. Disajikan pula beberapa makanan tradisional Bali. Bali Safari & Marine Park adalah taman wisata terpadu yang mengusung perjalanan safari, mengutamakan interaksi dengan hewan-hewan yang ada di Bali. Bali Safari juga menjadi tempat konservasi Bali Mynah, yaitu burung jalak Bali yang terancam penuh. Selain hewan, di sini juga ada berbagai wahana serta pertunjukan budaya di Bali Theater. Dalam spouse program kali ini, Ani Yudhoyono dan rombongan menyaksikan sendratari Bali Agung, sebuah cerita mengenai percintaan Raja Bali Sri Jaya Pangus dengan putri pedagang Tiongkok. Ada sembilan istri pemimpin APEC yang hadir. Mereka, antara lain, istri Presiden China Peng Liyuan, istri Presiden Cili Cecilian Morel, istri PM Singapura Ho Ching, istri PM Malaysia Datin Seri Paduka Rosmah Mansor, istri PM Papua Nugini Lynda May Babao, dan istri PM Jepang Akie Abe. Selain itu, istri PM Australia Margaret Abbott, istri Pemimpin Ekonomi Hongkong Regina Tong Ching-yi, dan istri Perwakilan Pemimpin Ekonomi China Taipei, Siew Chu Su-Hsien. Mendampingi Ibu Ani dalam acara ini adalah Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar dan sejumlah anggota Solidaritas Istri-istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) II. Di antaranya Ratna Djoko Suyanto, Okke Hatta Rajasa, Sranya Marty Natalegawa, dan Inggrid Kansil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dikky Setiawan