Ini Artis dan Penceramah yang Dipanggil Prabowo, Ada Raffi Ahmad hingga Gus Miftah



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden terpilih, Prabowo Subianto memanggil 58 tokoh yang digadang-gadang akan menjadi calon wakil menteri dan kepala badan di kabinet pemerintahan mendatang.

Dari puluhan tokoh yang dipanggil pada Selasa (15/10/2024) kemarin, beberapa di antaranya berasal dari kalangan artis hingga atlet. 

Giring Ganesha

Pantauan Kompas.com di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, penyanyi sekaligus mantan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha, menjadi figur publik pertama yang tiba di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra itu.


Usai pertemuan, Giring yang mengenakan batik lengan panjang coklat itu, mengaku mendapat tantangan dari Prabowo untuk menyelesaikan persoalan kebudayaan di masa depan. Namun untuk kepastian posisinya, ia menegaskan bahwa itu akan disampaikan Prabowo kemudian.

Baca Juga: Prabowo Gelar Pembekalan Calon Menteri Selama 2 Hari

"Seputar apa yang kemarin sudah dibicarakan dengan Bang Fadli Zon," ujar anggota Dewan Pembina PSI itu.

PSI sendiri sejak awal memang telah menyatakan dukungan kepada Prabowo di Pilpres 2024.

Sebagai informasi, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, sebelumnya telah dipanggil pada Senin (14/10/2024), bersamaan dengan pemanggilan 49 calon menteri kabinet Prabowo-Gibran Rakabuming Raka lainnya.

Kepada awak media, Fadli mengungkapkan bahwa ia memiliki ketertarikan (passion) di bidang warisan kebudayaan. Atas dasar itulah, Fadli mengaku diberi pesan Prabowo untuk memaksimalkan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia.

“Kita ini harus reinventing Indonesian identity. Gitunya itu saya kira. Bagaimana kita menemukan kembali identitas Indonesia karena kita ini kan bangsa yang megadiversity,” kata Fadli.

“Dan sebenarnya kita ini bisa menjadi ibu kota budaya dunia. Jadi kita saya kira punya kekayaan, budaya itu adalah national treasure kita,” ujar dia.

Taufik Hidayat

Mantan atlet bulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat menjadi publik figur kedua yang tiba ke rumah Prabowo pada pukul 15.10 WIB.

Tak ada pernyataan apapun yang dilemparkan Taufik saat tiba di Kertanegara, selain melemparkan gestur pukulan "smash" dalam badminton kepada awak media.

Usai pertemuan, Taufik enggan mengungkap apakah ia ditawari posisi menteri atau wakil menteri. Ia hanya mengatakan bahwa Prabowo berpesan agar prestasi olahraga nasional ditingkatkan.

Baca Juga: Kementerian Koperasi dan UKM bakal dipecah, Pengamat: Keputusan Politis

"Ya ditingkatkan lagi prestasi olahraga," kata Taufik soal pekerjaan rumah yang dititipkan Prabowo.

"Diskusi saja, saya siap membantu beliau di tempat di mana pun saya siap. Nanti beliau yang akan mengumumkan sendiri," ucap Taufik.

Sebagai informasi, Agum Gumelar menjadi satu di antara sejumlah mantan perwira tinggi TNI yang turut mendukung Prabowo di Pilpres 2024 lalu. Hal itu dikonfirmasi Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi kepada Kompas.com pada 22 September 2023 lalu.

Saat itu, Viva Yoga mengatakan, Agum telah masuk ke dalam barisan pendukung Prabowo bersama mantan Panglima ABRI sekaligus Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto serta Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono. 

Adapun untuk sektor olahraga, Prabowo telah memanggil Menteri Pemudan dan Olahraga, Dito Ariotedjo, sehari sebelumnya untuk membahas persoalan yang sama.

Raffi Ahmad

Beberapa saat setelahnya, giliran artis peran Raffi Ahmad yang muncul bersama sejumlah tokoh lain.

Raffi pun mengaku sudah diminta Prabowo Subianto untuk bekerja sama dalam pemerintahan mendatang.

Dia mengaku bakal membantu presiden terpilih Prabowo Subianto dalam mengelola bidang seni dan pekerja kreatif.

“Pastinya kalau saya dalam bidang yang memang saya kuasai, kira-kira di generasi muda, badan kreaif dan juga pekerja seni kurang lebih itu,” kata Raffi, seusai bertemu Prabowo.

Baca Juga: Setumpuk Pekerjaan Rumah Menanti Tim Ekonomi Prabowo

Diketahui pada Pilpres 2024 lalu, Raffi dan istrinya, Nagita Slavina, juga berada di dalam barisan artis pendukung Prabowo-Gibran. 

Nama Raffi sempat mendapat sorotan publik setelah mendapatkan gelar honoris causa dalam bidang Event Management dan Global Digital Development dari Universal Institute for Professional Management (UIPM), pada awak bulan ini.

Tak berselang lama setelahnya, pendiri RANS Entertainment ini didapuk menjadi Wakil Ketua Umum bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2024-2029, pimpinan Anindya Bakrie.

Gus Miftah

Pendakwah Miftah Maulana Habiburrahman atau yang lebih dikenal dengan Gus Miftah, juga turut menjadi rombongan yang tiba bersama dengan Raffi Ahmad ke kediaman Prabowo.

Gus Miftah mengaku tidak diminta Prabowo untuk menjadi wakil menteri maupun pimpinan lembaga. Hanya, ia mendapatkan tugas untuk mengurus persoalan toleransi.

"Yang jelas bukan wakil menteri. Jadi bapak perintahkan untuk lebih banyak fokus di bidang moderasi toleransi dan semacamnya," ujar .

Baca Juga: Menanti Tuah Kabinet Super Gemoy Prabowo

"Yang jelas ada amanah presiden yang saya diperintahkan untuk lebih fokus pada masalah toleransi dan moderasi," imbuhnya.

Gus Miftah sebelumnya pernah terang-terangan mendukung Prabowo di Pilpres 2024 lalu. Bahkan pada tahun lalu, ia mengaku, diminta Prabowo untuk menggalang dukungan dari para kyai, alim ulama, habib hingga para gus.

Yovie Widianto

Artis terakhir yang terpantau masuk ke rumah Prabowo kemarin adalah musikus Yovie Widyanto. Ia enggan mengungkapkan apakah dirinya akan ditunjuk menjadi wakil menteri.

Namun, pentolan grup musik Kahitna ini mengatakan dirinya diminta mengurus soal pemberdayaan ekonomi kreatif.

"Pemberdayaan ekonomi kreatif," kata Yovie sepperti dikutip dari KompasTV.

Selanjutnya: Harga Minyak Stabil Setelah Anjlok Kemarin, Ketidakpastian di Timur Tengah Berlanjut

Menarik Dibaca: BCA Luncurkan Fitur Baru di Aplikasi Merchant QRIS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .