Ini Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri yang Perlu Anda Tahu



MOMSMONEY.ID - Usahakan sambil duduk! Ketahui berbagai bahaya makan dan minum sambil berdiri berikut ini.

Makan dan minum sambil berdiri adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang, baik karena terburu-buru atau sudah menjadi kebiasaan sehari-hari.

Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan ini sebenarnya memiliki dampak negatif bagi kesehatan? Meskipun tampak sepele, makan dan minum sambil berdiri dapat menimbulkan berbagai masalah yang mengganggu fungsi tubuh.


Baca Juga: Ketahui Beberapa Penyebab Panu di Badan dan Cara Mencegahnya di Sini

Menyadur dari Alodokter, berikut adalah beberapa bahaya makan dan minum sambil berdiri yang perlu Anda tahu:

1. Gangguan Pencernaan

Posisi tubuh saat makan mempengaruhi cara sistem pencernaan bekerja. Makan sambil berdiri dapat membuat makanan masuk ke lambung terlalu cepat. Akibatnya, lambung tidak memiliki cukup waktu untuk memecah makanan dengan baik, sehingga usus tidak dapat menyerap nutrisi secara optimal.

2. Risiko Tersedak

Makan dan minum sambil berdiri, apalagi jika terburu-buru, bisa meningkatkan risiko tersedak. Walaupun terdengar sederhana, tersedak bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya jika tidak ditangani dengan baik.

Baca Juga: Bisa Kurangi Stres, Ini 11 Khasiat Minum Teh untuk Kesehatan Tubuh Anda

3. Perut Kembung

Ketika makanan atau minuman tidak tercerna dengan baik, hal ini bisa menyebabkan perut kembung. Perut yang kembung akan terasa nyeri, tidak nyaman, dan terlihat lebih besar.

Selain itu, makan atau minum sambil berdiri sering kali membuat Anda menelan lebih cepat, yang bisa menyebabkan udara masuk terlalu banyak ke saluran pencernaan dan memicu perut kembung.

4. Makan Berlebihan

Makan sambil berdiri mempercepat pengosongan lambung, sehingga lambung bisa menampung lebih banyak makanan. Ditambah lagi, kebiasaan makan sambil berdiri cenderung membuat Anda makan lebih cepat.

Hal ini membuat hormon yang mengirim sinyal kenyang ke otak tidak bekerja optimal. Akibatnya, Anda cenderung makan lebih banyak sebelum merasa kenyang.

Baca Juga: Wajib Coba Konsumsi Buah Paling Bagus untuk Asam Lambung Berikut Ini

Nah, itulah beberapa bahaya makan dan minum sambil berdiri yang perlu Anda tahu. Walaupun makan sambil berdiri memiliki efek negatif, ada kondisi tertentu di mana hal ini bisa bermanfaat.

Bagi penderita GERD, misalnya, makan sambil berdiri dapat membantu mencegah naiknya asam lambung, karena lambung mengosongkan isinya lebih cepat.

Baik makan sambil berdiri maupun duduk, keduanya memiliki sisi positif dan negatif. Yang terpenting adalah makan perlahan dan dengan porsi yang sesuai agar tubuh dapat bekerja dengan baik dan nutrisi terserap secara optimal. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Strategi Ekspansi Pelayaran Kurnia Lautan (KLAS) Bangun Empat Kapal Tongkang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas