Ini Cara Bikin Sofa yang Tipis Kembali Mengembang



MOMSMONEY.ID - Sofa tua yang sudah menipis bisa membuat tampilan ruangan jadi terkesan suram, selain itu sofa yang sudah tipis sangat tidak nyaman untuk digunakan. Oleh karena itu, simak cara bikin sofa yang tipis kembali mengembang berikut ini.

Jika Anda menemukan sofa Anda yang sudah berumur menipis, jangan langung membuangnya. Anda bisa segera pergi ke toko peralatan sofa ini dan buat sofa Anda kembali mengembang.

Namun, melansir Better Homes and Gardens, tidak semua sofa yang sudah tipis bisa Anda perbaiki sendiri. Ada beberapa jenis sofa yang sebaiknya Anda bawa ke jasa perbaikan sofa profesional.


Jika sofa yang Anda miliki bisa Anda atasi sendiri, yang Anda butuhkan adalah sekantong besar isi poliester dan beberapa gulungan batting. 

Sebelum Anda memulai, pastikan sofa memiliki risleting untuk membuka dan melihat isian sofa. Jika tidak, Anda tidak akan bisa mengisinya kembali tanpa membuka jahitan dan menjahitnya kembali.

Kami tidak merekomendasikan metode ini kecuali Anda memiliki pengetahuan yang luas soal jahit menjahit. 

Setelah Anda memastikan sofa memiliki ritsleting mulailah dengan melepas bantalan pada sofa dan letakan di ruang yang bersih dan kering. Setelah itu, tutup cover sofa jika dalam labelnya bisa dicuci dengan mesin cuci. 

Baca Juga: Cara Bikin Agenda Acara di WhatsApp dengan Mudah, Begini Langkah Membuatnya

Ini cara bikin sofa yang tipis kembali mengembang

Isi ulang dengan batting

Untuk bantalan kursi atau bagian yang Andalan duduki, gunakan batting untuk mengisi ulang dan membuat permukaan lebih rata. Metode ini cocok untuk sofa yang memiliki sisipan busa.

Jika bantal Anda diisi dengan bulu angsa, Anda harus meminta jasa profesional untuk mengisi kembali sofa dengan benar. 

Setelah Anda melepas sisipan busa, buka gulungan batting. Tempatkan sisipan busa di atas batting dan bungkus dengan rapi, tarik ujung-ujungnya ke atas dan ratakan.

Amankan batting dengan perekat semprot saat Anda melapisi. Ulangi proses ini dua hingga tiga kali atau sampai bantalan sofa cukup mengembang tetapi tidak terlalu besar untuk dimasukan kembali ke dalam covernya. 

Untuk menempatkan kembali bantalan ke cover sofa, Anda membutuhkan satu orang untuk memegang cover yang terbuka. Sedangkan yang lainnya memasukan bantalan tadi ke dalam sofa. 

Baca Juga: Resep Martabak Telur Roti Tawar Praktis, Isi Daging dan Bubuk Kari

Isi ulang bagian punggung sofa

Isian poliester adalah bahan yang bagus untuk bagian belakang atau punggung sofa karena dapat mengembang sambil mempertahankan sifatnya yang lembut dan seperti bantal.

Untuk menjaga integritas punggung sofa Anda, pastikan untuk mengisi di bagian belakang sehingga permukaan bisa lebih halus bebas dari benjolan. Anda bisa mengisinya dengan mengambil segenggam poliester dan masukan ke dalam dan pastikan mengisi setiap sudut dan celah.

Isi cukup banyak karena poliester akan mengendap seiring waktu. Jika susudah tutup cover dan tepuk-tepuk semua sisi untuk meratakan isian. 

Kembalikan bantalan ke sofa

Apabila seluruh bantalan sudah Anda isi kembali dan Andalan tutup kembali, gunakan vacuum untuk menghilangkan sisa isian polyester atau batting yang masih menempel. Apabila sudah bersih, kembalikan ke sofa Anda. 

Anda akan mendapatkan sofa yang sudah mengembang kembali. Apabila Anda menemukan sofa terlalu mengembang, tunggu beberapa minggu, tampilannya akan lebih baik lagi. Demikian cara bikin sofa yang sudah tipis kembali mengembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta