Ini cara cepat berbagi foto melalui WhatsApp



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. WhatsApp, aplikasi pesan digital menawarkan berbagai fasilitas menarik. Selain dapat digunakan untuk mengirim pesan teks dan suara, WhatsApp juga dapat mengirim foto atau pesan bergambar.

Fasilitas ini membuat pengguna tidak perlu repot berbagi flash disk atau membuka email untuk mengirim foto. Menariknya, pengguna dapat mengirim 10 foto sekaligus melalui WhatsApp.

Si penerima dapat melihat foto secara langsung tanpa perlu proses download. Dengan catatan, WhatsApp diatur untuk dapat mengunduh gambar atau foto secara otomatis. 

Para pengguna dapat mengirimkan pesan bergambar atau foto melalui WhatsApp dengan mudah.  

1. Anda buka aplikasi WhatsApp yang terpasang di smartphone. Bila Anda belum memasang aplikasi pesan digital ini di ponsel, unduh melalui Google Play atau APP Store. Anda pastikan ponsel pintar tersambung dengan internet selama proses mengunduh WhatsApp.

2. Kemudian, Anda ketuk ikon pesan berwarna hijau di sudut kanan bawah halaman WhatsApp. Layar ponsel akan menampilkan daftar nomor kontak. Lalu, Anda cari kontak orang yang diinginkan kemudian ketuk kontak tersebut.

Opsi lainnya, Anda dapat mengetuk ikon pencari yang berada di sudut kanan atas halaman WhatsApp. Sekedar info, ikon pencari akan membantu Anda untuk menemukan nomor kontak lebih cepat.

Lalu, Anda ketik nama orang yang diinginkan di dalam kolom pencari. Tunggu beberapa saat, mesin pencari ini akan menampilkan nomor kontak orang yang Anda cari. Kemudian, Anda ketuk kontak tersebut untuk mulai mengirim foto atau pesan bergambar.

3. Anda ketuk ikon kamera yang berada di kanan bawah halaman WhatsApp. Secara otomatis layar ponsel akan mengaktifkan kamera smartphone Anda. Setelah itu, Anda potret item yang akan dikirimkan.

Bila, foto terdapat di galeri ponsel. Anda cukup ketuk dan tarik ke atas daftar foto yang ada di bagian bawah layar. Layar ponsel akan menampilkan foto-foto yang tersimpan di galeri ponsel Anda.

Anda cari dan ketuk foto yang ingin dikirimkan. Asal tahu saja, Anda dapat mengirimkan 10 foto secara sekaligus.

4. Kemudian, Anda ketuk ikon enter berwarna hijau yang berada di sudut kanan bawah layar. Anda dapat menambahkan pesan teks saat mengirimkan foto atau pesan bergambar tersebut.

Anda cukup ketik pesan di kolom yang sudah disediakan. Kemudian, Anda lanjutkan dengan mengetuk ikon enter untuk mengirimkan pesan tersebut.   

Untuk membuka foto atau pesan bergambar yang diterima, Anda dapat ketuk ikon unduh di kotak pesan tersebut.

Bila Anda tidak ingin repot mengunduh setiap pesan bergambar atau foto, segera aktifkan pengaturan unduh otomatis.

Pertama, Anda ketuk ikon pengaturan yang berada di sudut kanan atas halaman pesan WhatsApp. Kedua, Anda ketuk menu “Setting” dan pilih menu “Data and Storage Usage”. Ketiga,  Anda ketuk menu “When using mobile data” dan ketuk kotak “Photos” lanjutkan ketuk “Ok”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati