Ini Cara Mencuci Celana Jeans Agar Tidak Menyusut atau Luntur!



MOMSMONEY.ID - Kita semua tentu memiliki koleksi celana jeans. Namun apakah Anda sudah melakukan cara mencuci celana jeans dengan benar agar tidak menyusut atau luntur?

Melansir Martha Stewart, Direktur Kreatif Pakaian Wanita di Citizens of Humanity, Catherine Ryu, membagikan tips cara terbaik mencuci celana jeans. 

Baca Juga: Euromedica Perkuat Komitmen Kesehatan dan Kecantikan dengan Buka Klinik Baru


Celana jeans atau jaket jeans adalah pakaian yang terbuat dai kain yang kuat dan tidak perlu langsung dicuci setiap kali selesai digunakan. Bahkan, satu-satunya cara untuk mencegah memudarnya warna jeans adalah dengan tidak mencuci celana jeans. 

Namun tentu ini akan berisiko membuat jeans akan bau karena terkena keringat kita. Jadi seberapa sering harus mencuci celana jeans?

Apabila celana jeans memiliki tingkat elastisitas yang baik, Anda bisa mencucinya setelah 3-5 kali pemakaian. Namun untuk celana jeans yang lebih kaku dan tidak mengandung Lycra maka Anda sebaiknya mencucinya setelah 8-10 kali pemakaian. 

Baca Juga: 5 Ide Bekal Sekolah yang Simpel dan Lezat

Cara mencuci celana jeans agar tidak menyusut

Sebelum Anda mulai mencuci, Anda harus menggunakan deterjen yang tepat. Deterjen yang keras dapat menghilangkan warna celana jeans. Jadi gunakan deterjen yang lembut untuk mempertahankan warnanya. 

Anda juga bisa menggunakan cuka untuk menjaga warna celana jeans. Namun cuka akan memberikan sedikit bau asam, yang akan hilang seiring pemakaian. 

Balik celana jeans

Cara mencuci celana jeans yang tebat adalah dengan kondisi terbalik. Jadi balik bagian luar ke dalam. Ini perlu dilakukan untuk melindungi warna dan serat denim Anda.

Pilih pengaturan siklus lembut

Tambahkan deterjen ke mesin cuci dan tambahkan satu cup cuka. Gunakan air dingin dan atur mesin cuci Anda pada siklus lembut. Cara mencuci celana jeans ini untuk menhafa warna, bentuk dan serat celana jeans Anda.

Baca Juga: Ini Kebiasaan yang Perlu Diterapkan untuk Menjaga Dapur Tetap Rapi

Jemur celana jeans Anda

Rangkaian cara mencuci celana jeans yang tepat termasuk juga proses mengeringkannya. Jangan masukkan celana jeans ke dalam pengering. Sebab pengering pada mesin cuci akan merudak serat denim. Jadi sebaiknya jemur celana jeans hingga kering. 

Anda juga bisa mencuci celana jeans dengan tangan. Namun ini bukan langkah praktis karena jeans akan jadi lebih berat dan sulit untuk memerasnya. 

Demikian informasi cara mencuci celana jeans. Semoga informasi ini bermanfaat ya Moms!

Selanjutnya: Promo Payday Danamon, Beli Produk Investasi Dapat Cashback hingga Rp 50.000!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta