Ini Cara Mengatasi Kartu by.U Hilang dan Rusak untuk Pelanggan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak cara mengatasi kartu by.U hilang dan rusak. By.U adalah layanan seluler digital yang dioperasikan oleh Telkomsel, salah satu penyedia telekomunikasi terbesar di Indonesia.

Operator ini dirancang khusus untuk generasi milenial dan Gen Z yang menginginkan kemudahan, fleksibilitas, dan kendali penuh dalam memilih layanan telekomunikasi.

Berbeda dari operator seluler tradisional, semua proses layanan By.U, mulai dari pendaftaran, pembelian paket, hingga pengaturan akun, dilakukan melalui aplikasi berbasis digital.


Baca Juga: Ada 7 Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP, Pahami Juga Penyebabnya

Keuntungan memakai by.U

Ada beberapa keunggulan utama dari By.U dari operator lain.

  • Kontrol Kebutuhan dengan Mudah: Pengguna bisa memilih paket data, jumlah kuota, dan tambahan layanan lain (seperti kuota aplikasi tertentu) sesuai kebutuhan, tanpa harus terikat dengan paket-paket standar.
  • Paket Digital dan Tanpa Kantor Fisik: Semua transaksi dilakukan secara online melalui aplikasi By.U, sehingga pengguna tidak perlu datang ke gerai fisik untuk mengaktifkan kartu atau membeli paket.
  • SIM Card Tanpa Ribet: Untuk mendapatkan kartu SIM By.U, pengguna dapat memesan melalui aplikasi dan kartu SIM akan dikirim ke alamat mereka, atau pengguna bisa mengambilnya di titik-titik pengambilan tertentu yang disediakan.
Baca Juga: 4 Cara Cek dan Tukar Poin Telkomsel lewat Aplikasi, USSD, dan Website

Sayangnya, pelanggan bisa saja menemui masalah terkait sim Card fisik dari by,U yang hilang maupun rusak. Lalu, kemana pelanggan harus mengatasi masalah ini?

Melansir dari laman resmi by.U, ada beberapa panduan untuk mengatasi masalah penggantian SIM Card baru.

Cara mengganti SIM Card baru

Berikut adalah cara mengganti SIM Card melalui aplikasi by.U saat pengguna belum memiliki KTP:

  • Buka aplikasi by.U dan akses menu Profil.
  • Pilih opsi "Ganti SIM Card."
  • Jika kamu belum memiliki KTP, pilih opsi "Belum punya KTP."
  • Pilih "Chat Nindy" untuk melanjutkan.
  • Masukkan data yang diminta, seperti email yang terdaftar, NIK yang terdaftar, Foto asli Kartu Keluarga (KK), dan Selfie dengan memegang KK.
  • Saat SIM Card by.U rusak, dan foto bagian depan dan belakang SIM Card jika ada.
  • Tekan tombol "Kirim."
Saat data yang dimasukkan tidak valid, tombol 'Tanya Nindy' akan muncul di halaman Ganti SIM Card.  Namun, jika data valid, SIM Card kamu akan diblokir sementara, dan tombol "Masukkan Alamat" akan muncul di halaman "Ganti SIM Card."

Baca Juga: Ini 3 Cara Kirim Pulsa Telkomsel ke Sesama Pelanggan dan By U

Opsi Pengambilan SIM Card

Saat ini, opsi "Ambil SIM" sudah tersedia di Indomaret atau GraPari. Kamu dapat memilih lokasi terdekat tanpa biaya tambahan (ketentuan dapat berubah).

Jika memilih opsi "SIM Card diantar," pengiriman menggunakan JNE dengan biaya tetap Rp10.000 untuk semua wilayah, kecuali NTT, Papua, dan Maluku (saat ini belum tersedia).

Setelah SIM Card diterima, pengguna dapat melakukan aktivasi ulang dengan memilih "Konfirmasi Penerimaan" dan masukkan Serial Number SIM Card secara manual atau scan.

Itulah penjelasan terkait mengatasi kartu by.U hilang dan rusak yang perlu diketahui oleh pengguna.

Selanjutnya: Pendaftaran Bakomsus Polri Tahun 2024 Dibuka, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Menarik Dibaca: Promo 11.11 Gokana 11-13 November 2024, Pesan Menu Tertentu Bayar Cuma Rp 11.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News